Tips Mencegah Kanker Serviks dan Cara Mengobati

Tips Mencegah Kanker Serviks dan Cara Mengobati

 

Tips Mencegah Kanker Serviks dan Cara Mengobati – Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada leher rahim, yakni tidak normalnya pertumbuhan sel pada jaringan serviks (organ penghubung uterus dengan vagina) atau bagian terbawah dari rahim yang menonjol ke arah organ genital wanita (vagina).

Tips Mencegah Kanker Serviks dan Cara Mengobati

Tips Mencegah Kanker Serviks dan Cara Mengobati

Perlu Anda ingat baik-baik bahwa kanker serviks tidaklah menular. Tidak dibenarkan apabila melakukan kontak langsung dengan pengidap kanker serviks dapat terjangkit penyakit tersebut, layaknya HIV. Namun, yang harus Anda ketahui bahwa yang tertular adalah virus penyebab terjadinya kanker serviks, yaitu HPV (human papilloma virus).

Proses penularan juga tidak semena-mena akibat kontak langsung seperti berjabat tangan, terkena keringat, tukar menukar pakaian, dlsb. Melainkan kontak seksual yang lebih memainkan peran dalam hal ini, baik itu oral maupun anal.

Prevalensi tipe kanker serviks paling umum dikenal dengan squamous cell carcinoma (SCC) adalah 80 hingga 85 persen dari seluruh pasien kanker serviks yang terinfeksi virus HPV. Tipe lain seperti adenocarciona, adenosquamous, small cell carcinoma, adenosarcoma, melanoma, dan lymphona merupakan tipe langka yang penyebabnya jarang dikolerasikan dengan HPV.

Tips Mencegah Kanker Serviks

Agar tidak terjangkit penyakit ini lebih baik melakukan pencegahan. Ada banyak sekali cara attau tips mencegah kanker serviks yang dapat Anda lakukan. Dengan melakukan pencegahan akan membuat Anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini. Berikut beberapa tips mencegah kanker serviks yang dapat Anda lakukan :

  1. Melakukan Tes Papsmear Secara Teratur

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan cara melakukan tes papsmear secara teratur. Melakukan tes papsmear secara teratur akan membantu Anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, ketika penyakit kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.

  1. Vaksin HPV

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan melakukan vaksin HPV. Melakukan vaksin HPV untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan penyakit kanker serviks juga baik dilakukan, mencegah kanker serviks stadium awal. Vaksin HPV diketahui sebagai cara paling efektif untuk mencegah kanker serviks. Namun melakukan vaksin saja tak cukup, Anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.

  1. Tidak Berganti-Ganti Pasangan

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan cara tidak berganti-ganti pasangan. Salah satu faktor penyebab munculnya kanker serviks adalah melalui infeksi HPV yang ditularkan saat berhubungan seksual. Risiko ini semakin tinggi ketika seseorang sering berganti-ganti pasangan. Terutama mereka yang tak mengetahui ketika pasangan memiliki virus HPV. Untuk itu, setialah pada satu orang dan jangan lakukan hubungan seksual dengan orang lain, selain pasangan Anda.

  1. Tak Terlalu Aktif Secara Seksual Di Usia Muda

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan cara tidak terlalu aktif secara seksual di usia muda. Ada baiknya wanita menunggu untuk melakukan hubungan seksual dan aktif secara seksual. Penelitian mengungkap bahwa wanita yang telah aktif secara seksual di usia yang terlalu muda memiliki risiko terkena kanker serviks yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang menunggu untuk aktif secara seksual di usia yang lebih tua.

  1. Hindari Pemakaian Produk Kimia Berbahaya

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan menghindari pemakaian produk kimia berbahaya. Kehidupan modern yang bersifat instans justru memicu timbulnya kanker. Kandungan berbahaya yang terdapat di dalam pembungkus dan bahan plastik yang terkena panas memicu timbulnya kanker. Minimalisir penggunaan sterofom, bahan plastik yang dipanaskan atau terkena plastik.

  1. Gaya Hidup Sehat

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Melakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi juga penting untuk mencegah kanker serviks stadium awal. Penelitian menunjukkan bahwa perokok wanita memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena kanker serviks.

  1. Hindari Rokok

Tips mencegah kanker serviks yaitu dengan menghindari rokok. Banyak pesan dan peringatan yang menyatakan bahwa rokok sangat membahayakan dan memicu timbulnya penyakit ringan atau berbahaya akan tetapi untuk sebagian orang (perokok) masih menganggap remeh pesan itu, mencegah kanker serviks stadium awal. Untuk anda wanita, penderita kanker serviks diantaranya adalah 30 persen dari wanita perokok aktif. Penyebabnya adalah kandungan zat kimia yang terdapat di dalam rokok memicu infeksi virus penyebab kanker serviks.

Cara Mengobati Kanker Serviks

Ada dua jenis pengobatan yang dapat Anda jalani, yang pertama sifatnya wajib yaitu pengobatan konvesional yang dilakukan oleh para ahli yang sudah lama mengurus penyakit ini, dan kedua adalah alternatif yang bersifat sebagai pelengkap.

  1. Pengobatan Konvensional

Anda tidak perlu cemas akan tingkat keberhasilan dari pengobatan yang kecil, karena banyak wanita yang mendapatkan kesembuhan dengan pengobatan kanker bermetode konvensional. Pasien kanker serviks biasanya diberi pilihan operasi guna membersihkan lesi kanker dalam dinding rahim.

Melihat fakta di lapangan, kanker serviks stadium lanjut akan mendapatkan pengobatan tingkat lanjut yaitu radioterapi guna memastikan bahwa tidak ada sel kanker yang tersisa di dalam tubuh. Akan terjadi efek samping yang dialami langsung oleh pasien, tetapi hal tersebut bisa menjadi kabar baik.

  1. Pengobatan Alternatif

Ini adalah pengobatan sekunder yang merupakan alternatif atas ketidakberhasilan pengobatan konvensional. Tidak sedikit wanita yang berhasil sembuh hanya dengan melaksanakan pengobatan alternatif. Jadi, Anda harus yakin bahwa penyakit yang sedang diidap bisa disembuhkan.

Dukungan, simpati, dan empati dari orang sekitar juga wajib Anda dapatkan agar timbul keyakinan kuat terhadap keberhasilan pengobatan yang hendak dilakukan. Di sini, jangan lupa Anda memilih tempat terapi yang terpercaya dan sudah banyak mengeluarkan kabar positif, carilah referensi sebanyak-banyaknya di Internet atau dari teman.

Tips Mencegah Kanker Serviks dan Cara Mengobati

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*