Sakit Kanker Serviks

Sakit Kanker Serviks

 

Sakit Kanker Serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina).
Kanker Serviks atau di sebut juga dengan Kanker Leher Rahim adalah sejenis kanker yang 99.7% disebabkan oleh virus HPV (Human papilloma virus) onkogenik yang menyerang pada leher rahim. Infeksi virus HPV ini yang mengakibatkan Sakit Kanker Serviks sangatlah sama bisa mencapai 10-20 tahun sehingga penderita sering kali tidak menyadari , karena virus HPV ini menjadi pra kanker yang berlangsung tanpa gejala. Oleh karena itu sangat dianjurkan sekali untuk melakukan vaksinasi Sakit Kanker Serviks.

Sakit Kanker Serviks

Sakit Kanker Serviks

Faktor-faktor yang menyebabkan Sakit Kanker Serviks
1. Faktor Alami
Pada faktor ini kita tidak bisa mengelakkan dan tidak bisa berbuat apa”. Usia diatas 40 tahun biasanya rentan terserang Sakit Kanker Serviks ini. Namun di jaman seperti ini usia muda juga bisa saja terserang penyakit ini. Tapi pada Sakit Kanker Serviks ini biasanya tidak ada faktor keterunan, jadi walaupun keluarga anda tidak ada riwayat penyakit kanker nya ini bukan berarti anda aman dari Sakit Kanker Serviks ini. Tetap anda harus mencegah nya dari Sakit Kanker Serviks yang mematikan ini.
2. Faktor Kebersihan
• Keputihan yang berlebihan tapi tidak di obati sama sekali
• Penyakit Menular Seksual (PMS). PMS bukan hanya saja menularkan virus yang menyebabkan HIV/AIDS saja tetapi juga dapat menyebarkan virus HPV yang menyebabkan Sakit Kanker Serviks ini.
• Pemakaian pembalut yang mengandung dioksin. Hati-hati untuk kaum muda harus lebih teliti menggunakan berbagai macam pembalut jangan yang mengandung dioksin, dioksin adalah pemutih yang digunakan untuk memutihkan pembalut daur ulang dari bahan bekas.
• Membasuh kemaluan dengann air yang tidak bersih.

 

Gejala Sakit Kanker Serviks
Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Itu sebabnya, Anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear setiap dua tahun sekali. Gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut.
Gejala Sakit Kanker Serviks tingkat lanjut :
• munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding).
• keputihan yang berlebihan dan tidak normal.
• perdarahan di luar siklus menstruasi.
• penurunan berat badan drastis.
• Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung
• juga hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.

Cara Mendeteksi Sakit Kanker Serviks
Pap smear adalah metode pemeriksaan standar untuk mendeteksi kanker leher rahim. Namun, pap smear bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit ini. Ada pula jenis pemeriksaan dengan menggunakan asam asetat (cuka).
Menggunakan asam asetat cuka adalah yang relatif lebih mudah dan lebih murah dilakukan. Jika menginginkan hasil yang lebih akurat, kini ada teknik pemeriksaan terbaru untuk deteksi dini kanker leher rahim, yang dinamakan teknologi Hybrid Capture II System (HCII).
Cara Mencegah Sakit Kanker Serviks
Meski menempati peringkat tertinggi di antara berbagai jenis penyakit kanker yang menyebabkan kematian, kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya. Karena itu, upaya pencegahannya pun sangat mungkin dilakukan. Yaitu dengan cara :
• tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti
• rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual
• dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual
• dan tentunya memelihara kesehatan tubuh

 

Sakit Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*