Radang Panggul Adalah

Radang Panggul Adalah

Radang panggul mengacu pada organ reproduksi panggul wanita, jaringan ikat sekitar rahim dan peradangan peritoneum panggul. Radang panggul kronis terjadi karena pengobatan yang tidak memadai serta dibiarkan terlalu lama sehingga penyakit menjadi lebih parah, infeksi pada alat kelamin yang diakibatkan oleh bakteri melalui rahim, tuba falopi sampai mencapai rongga panggul. Deteksi sedini mungkin untuk mencegah dan mengobati penyakit radang panggul.

Radang Panggul Adalah

Radang Panggul Adalah

Organ panggul reproduksi Perempuan dan jaringan ikat sekitarnya,terjadi radang panggul, dikenal sebagai radang panggul, termasuk metritis, oophoritis tuba, peradangan jaringan ikat panggul dan panggul peritonitis, atau beberapa pada saat yang sama dapat menjadi penyakit, sering terjadi pada wanita satu. Karena saluran tuba, ovarium kolektif lampiran, dan peradangan tuba sering menyebar “sekitar” dari ovarium. Oleh karena itu, disebut dengan annexitis.

Penyakit Radang Panggul, juga dikenal sebagai PID, adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan infeksi bakteri pada saluran genital wanita bagian atas, seperti kandungan (rahim), tuba falopii dan ovarium. Pada sebagian besar kasus, PID disebabkan oleh infeksi pada vagina atau serviks yang menyebar sampai ke rahim. Sumber infeksi bakteri biasanya berasal dari pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim atau melalui penyakit menular seksual, seperti klamidia atau gonore. PID terjadi pada wanita yang aktif secara seksual, biasanya pada usia muda antara 15 sampai 24 tahun.

Orang yang menderita PID ringan biasanya tidak merasakan gejala apapun. Namun pada beberapa kasus, mereka dapat mengalami gejala nyeri pada punggung bagian bawah, sekret vagina yang banyak dengan bau yang tidak sedap, periode menstruasi yang tidak teratur, demam, dan kelelahan. Kerusakan yang berat pada organ reproduksi wanita dapat menyebabkan komplikasi, seperti infertilitas dan kehamilan ektopik. Untungnya, kondisi ini dapat diobati dengan mudah menggunakan antibiotik.

Tanda dan gejala Penyakit Radang Panggul yang mungkin timbul:

  1. Banyak cairan yang keluar dari vagina dengan bau yang tidak enak
  2. Demam
  3. Haid yang tidak beraturan
  4. Kelelahan
  5. Menderita Diare
  6. Menderita Dispareunia
  7. Menderita Nyeri Punggung Bawah
  8. Muntah-muntah
  9. Nyeri saat buang air kecil (disuria)
  10. Rasa sakit pada bagian bawah perut
  11. Rasa sakit pada panggul

Penyebab Penyakit Radang Panggul adalah:

Biasanya disebabkan infeksi bakteri yang masuk melalui vagina dan bergerak ke rahim lalu ke tuba falopii.
Paling banyak disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual misalnya Chlamydia, Gonorrhoeae.
Penularan yang utama adalah melalui hubungan seksual, meskipun demikian bakteri bisa juga masuk ke dalam tubuh melalui proses kebidanan seperti pemasangan IUD, persalinan, keguguran dan biopsi endometrium.

Risiko terjangkit Penyakit Radang Panggul meningkat bila Anda:

  1. Aktif secara seksual sebelum berusia 25 tahun
  2. Membasuh vagina secara rutin
  3. Memiliki pasangan seks lebih dari satu
  4. Sebelumnya pernah menderita Penyakit Menular Seksual
  5. Sedang menderita Klamidia
  6. Sedang menggunakan Alat Intraurin
  7. Terlibat di dalam seks yang tidak menggunakan alat pengaman

Pada penderita radang pangggul tingkat kekambuhan tinggi ini disebabkan pengobatan yang biasa. Hal lain yang dapat memicu radang panggul kambuh adalah keputihan serta sakit waktu menstruasi.

Infeksi Setelah melahirkan atau pasca aborsi

Setelah melahirkan keadaan kondisi fisik ibu lemah, bayi keluar melewati permukaan jalan lahir sehingga mengakibatkan luka pada jalan lahir, setelah melahirkan tidak lama melakukan hubungan seksual, patogen yang masuk kedalam intrauterine yang diakibatkan oleh infeksi, aborsi spontan, aborsi medis selama perdarahan berkepanjangan pada vagina, residu terorganisir dalam rongga rahim, atau aborsi aseptik yang ketat terjadi setelah itu bisa terjadi infeksi.

Infeksi Setelah bedah rahim bagian dalam

Seperti memasang atau melepas IUD, abis prematur membersihkan sisa kotoran darah dan kuretase, operasi tuba, hysterosalpingography.

Penyakit Radang Panggul dapat menyebabkan komplikasi sebagai berikutnya:

  1. Dapat menyebabkan kekambuhan atau berulangnya Penyakit Radang Panggul
  2. Mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi untuk Infertilitas Wanita
  3. Mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi untuk Kehamilan Ektopik
  4. Nyeri panggul yang kronis
  5. Pembentukan abses

Penyakit Radang Panggul dapat dicegah bila Anda:

  1. Berhubungan seks dengan perlindungan
  2. Hindari membasuh vagina karena hal itu mengurangi jumlah bakteri baik di vagina, sehingga meningkatkan resiko infeksi
  3. Hindari memiliki pasangan seks lebih dari satu
  4. Mempraktekkan kebersihan pribadi yang baik
  5. Mencari penanganan segera untuk Penyakit Menular Seksual

 

Radang Panggul Adalah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*