Penyebab penyakit radang panggul

Penyebab penyakit radang panggul

Radang panggul merupakan suatu penyakit komplikasi umum dari penyakit menular seksual (PMS). Wanita yang berusia 16-25 tahun lebih rentan terkena infeksi radang panggul dan yang lebih buruk lagi 4 wanita yang menderita penyakit radang panggul ini akan mengalami komplikasi seperti nyeri perut kronik, infertilitas (gangguan kesuburan) atau kehamilan yang terjadi secara abnormal.

Radang penggul merupakan suatu infeksi yang terjadi pada salauran reproduksi wanita bagian atas. Penyebab Penyakit ini dapat memperngaruhi endometrium (selaput dalam rahim) , saluran tuba, indung telur, miommetrium (otot rahim), parametrium, dan rongga panggul. Penyakit ini bukanlah penyakit sepele namun jangan anda abaikan,bagi kaum wanita bagian panggul itu sangat penting karena itu merupakan bagian pada sistem reproduksi, sebaiknya jika anda sering mengalami nyeri pada bagian panggul.

Penyebab Penyakit radang panggul terjadi apabila terdapat infeksi pada saluran genital bagian bawah yang menyebar ke atas melalui leher rahim. Butuh waktu dalam hitungan hari atau minggu untuk seorang wanita yang menderita penyakit radang panggul. Penyebab Penyakit radang panggul di sebabkan karena adanya bakteri yang tumbuh dan bakteri tersebut yaitu N.Gonorrhoeae dan Chlamydia Trachomatis yang menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan sehingga menyebabkan berbagai bakteri dari leher rahim maupun vagina menginfeksi daerah tersebut. Kedua bakteri ini adalah kumah PMS dan proses mestruasi seseorang dapat memudahkan terjadinya infeksi karena hilangnya lapisan endometrium yang menyebabkan berkurangnya pertahanan dari rahim, serta menyediakan medium yang baik untuk pertumbuhan bakteri (darah menstruasi)

penyebab penyakit radang panggul

penyebab penyakit radang panggul

Penyebab Penyakit radang panggul (PRP) adalah infeksi rahim dan tuba (kadang-kadang ovarium). Bakteri yang menyebabkan infeksi biasanya melalui perjalanan dari vagina ke rahim atau serviks (leher rahim). Berbagai jenis bakteri dapat menyebabkan PID (Pelvic Inflammatory Disease).

Penyebab Penyakit yang umum dari PID adalah dari infeksi berhubungan seksual yang dapat menular (bakteri yang disampaikan bila Anda melakukan seks). Bakteri yang disebut klamidia adalah penyebab paling umum. Gonorrhoea (gonore) adalah penyebab lain yang sangat umum dari PID. Campuran klamidia ditambah gonorrhoea (gonore) kadang-kadang terjadi. Kadang-kadang bakteri dapat di leher rahim untuk beberapa waktu tanpa menyebabkan gejala sebelum bepergian ke dalam rahim. Inilah sebabnya mengapa beberapa wanita mengalami PID setiap minggu atau bulan setelah berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi ini jarang terjadi sebelum siklus menstruasi pertama, setelah menopause maupun selama kehamilan.

Penularan yang utama terjadi melalui hubungan seksual, tetapi bakteri juga bisa masuk ke dalam tubuh setelah prosedur kebidanan/kandungan (misalnya pemasangan IUD, persalinan, keguguran, aborsi dan biopsi endometrium).

Penyebab Penyakit Randang Panggul lainnya yang lebih jarang terjadi adalah:

  • Aktinomikosis (infeksi bakteri)
  • Skistosomiasis (infeksi parasit)
  • Tuberkulosis.
  • Penyuntikan zat warna pada pemeriksaan rontgen khusus.

Faktor resiko terjadinya PID:

  • Aktivitas seksual pada masa remaja
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Pernah menderita PID
  • Pernah menderita penyakit menular seksual
  • Pemakaian alat kontrasepsi yang bukan penghalang.

Penyebab penyakit Beberapa kasus PID sebagian besar disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan 2 secara umum infeksi yang dapat menular seksual yaitu gonor – rhea (gah-nuh-REE-uh) dan klamidia (kluh–Ml-dee-uh). Ini dapat menyebabkan beberapa hari sampai beberapa bulan terinfeksi dan pindah dari vagina ke organ – organ panggul.

Kebanyakan kasus PID disebabkan oleh infeksi bakteri yang telah menyebar dari vagina atau leher rahim ke organ-organ reproduksi yang lebih tinggi. Berbagai jenis bakteri dapat menyebabkan PID. Penyebab penyakit Sekitar dalam satu atau setiap empat kasus hal ini disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia atau gonorrhoea (gonore). Dalam banyak kasus lain, hal ini disebabkan oleh bakteri yang biasanya tinggal di vagina.

Penyebab Penyakit radang panggul (PID) disebabkan oleh infeksi berkembang dalam saluran kelamin bagian atas perempuan.

Penyebab penyakit Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri menyebar dari vagina atau leher rahim (pintu masuk ke dalam rahim) ke rahim, tuba falopi, dan ovarium. PID sering disebabkan oleh lebih dari satu jenis bakteri dan kadang-kadang dokter bisa sulit untuk menentukan. Oleh karena itu, dengan adanya kombinasi antibiotik yang telah diresepkan sehingga berbagai bakteri dapat diobati.

 

Penyebab Penyakit Radang Panggul

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*