Penyebab Kanker Serviks Stadium 4

Penyebab Kanker Serviks Stadium 4

 

 

Penyebab Kanker Serviks Stadium 4 – Kanker serviks stadium 4 adalah salah satu fase tertinggi dari kategori kanker serviks. Kondisi kanker seviks ini sudah masuk dalam tahap stadium lanjut. Salah satu penyebab angka kematian tertinggi penderita kanker serviks adalah terlambatnya proses pemeriksaan kanker. Di beberapa negara maju seperti Amerika, Inggris dan Eropa, kanker serviks lebih cepat ditangani karena biasanya ditemukan dalam kondisi yang masih awal. Sementara di negara berkembang (termasuk Indonesia) pemeriksaan kanker serviks belum terlalu dipahami oleh masyarakat.

Penyebab Kanker Serviks Stadium 4

Penyebab Kanker Serviks Stadium 4

Apa penyebab kanker serviks ?

Seperti yang diketahui, penyebab kanker serviks yang banyak menyebabkan kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Namun selain virus HPV ini, ada penyebab kanker serviks lainny.

Apa saja penyebab kanker serviks selain HPV ? Berikut beberapa penyebab kanker serviks selain HPV, antara lain :

  1. Rokok

Wanita yang merokok memiliki resiko tinggi terhadap terjadinya kanker serviks. Sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam peredaran darah dapat mempengaruhi selaput lendir mulut rahim. Sehingga, hal itu memicu terjadinya abnormalitas sel di bagian mulut dan leher rahim.

  1. Pemakaian Pembersih Vagina

Penyebab kanker serviks adalah terlalu sering memakai pembersih vagina. Penggunaan pembersih vagina dapat menjadi penyebab kanker seriks karena jika terlalu sering digunakan, bakteri dalam vagina yang bertugas membunuh bakteri dalam tubuh akan mati. Di samping itu, dapat terjadi iritasi pada vagina yang memicu abnormalitas sel.

  1. Kurangnya Asupan Vitamin

Penyakit kanker serviks dan penyebab kanker serviks juga bisa dipicu karena kurangnya asupan vitamin dan asam folat pada wanita.

  1. Penggunaan Pil KB

Penggunaan jangka panjang pil KB akan berdampak pada kesehatan anda, dari berbagai riset menunjukkan bahwa konsumsi pil KB lebih dari 5 tahun dapat menyebabkan resiko tinggi terkena kanker serviks. Dari riset yang dilakukan, risiko akan turun sendirinya setelah konsumsi pil KB dihentikan.

Untuk menekan risiko ini, pastikan bahwa anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar menjelaskan pil yang tidak berbahaya bagi rahim anda. Penggunaan pil KB dalam jangka panjang akan berdampak pada beberapa faktor seperti kesehatan tubuh terutama pada leher rahim. Sebaiknya dicari alternatif yang lebih baik selain penggunaan pil KB agar terhindar jangka panjang dari kanker serviks.

  1. Hubungan Seksual Dibawah Umur

Hubungan seksual sebelum berusia 20 tahun dapat menjadi pemicu kanker serviks. Pada umur 12-20 tahun, organ reproduksi waita sedang aktif berkembang. Idealnya, ketika sel sedang membelah secara aktif, tidak terjadi kontak atau rangsangan apapun dari luar. Kontak atau rangsangan dari luar, seperti penis atau sperma, dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Sel yang tidak normal inilah yang kemungkinan besar bertambah banyak jika terdapat luka saat terjadi hubungan seksual. Sel abnormal inilah yang berpotensi tinggi menjadi penyebab kanker serviks.

  1. Nikotin

Sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memiliki kecenderungan mempengaruhi selaput lendir dalam tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim.

  1. Sistem Imun / Kekebalan Tubuh Yang Rendah

Ketika seorang wanita terkena infeksi dari virus HPV, maka ia tidak akan secara otomatis terkena kanker serviks ketika ia memiliki sistem imun yang kuat. Namun sebaliknya, sistem imun yang lemah akan memudahkan wanita terkena virus HPV.

  1. Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga juga menentukan tingginya potensi terkena kanker serviks, ibu, dan saudara perempuan termasuk dalam kategori tersebut. Setidaknya risiko meningkat 2x lipat di bandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat keluarga. Mengapa bisa ? hal ini dikarenakan biasanya dalam riwayat keluarga terdapat sistem imun yang sama, daya tahan tubuh serta faktor terinfeksi yang sama.

Walaupun banyak jenis kanker yang tidak berkorelasi langsung dengan kanker, namun ada beberapa yang sangat berhubungan. Hal yang mempengaruhi adalah sistem imun tubuh dan sel yang di bawa oleh faktor keturunan tersebut.

Itulah 8 Penyebab Kanker Serviks Stadium 4. Perlu diingat, penyebab kanker serviks yang paling utama adalah infeksi HPV,jadi anda harus mengupayakan menghindari virus ini sebisa mungkin. Untuk menghindari terlampat penanganan, ada baiknya anda melakukan tes pap smear secara rutin untuk mengetahui sel di leher rahim anda.

Kanker Serviks Stadium 4

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*