Penyebab Erosi Serviks dan Penangannya

Penyebab Erosi Serviks dan Penangannya

Penyebab Erosi Serviks– Erosio porsiones (EP) adalah suatu proses peradangan atau suatu luka yang terjadi pada daerah porsio serviks uteri (mulut rahim). Penyebabnya bisa karena infeksi dengan kuman-kuman atau virus, bisa juga karena rangsangan zat kimia /alat tertentu; umumnya disebabkan oleh infeksi.

Penyebab Erosi Serviks– Erosi porsio atau disebut juga dengan erosi serviks adalah hilangnya sebagian / seluruh permukaan epitel squamous dari serviks. Jaringan yang normal pada permukaan dan atau mulut serviks digantikan oleh jaringan yang mengalami inflamasi dari kanalis serviks. Jaringan endoserviks ini berwarna merah dan granuler, sehingga serviks akan tampak merah, erosi dan terinfeksi. Erosi serviks dapat menjadi tanda awal dari kanker serviks.

Penyebab Erosi Serviks dan Penangannya

Penyebab Erosi Serviks dan Penangannya

Erosi serviks dapat dibagi menjadi 3:

1) Erosi ringan : meliputi ≤ 1/3 total area serviks

2) Erosi sedang : meliputi 1/3-2/3 total area serviks

3) Erosi berat : meliputi ≥ 2/3 total area serviks.

 

 Penyebab erosi serviks :

  1. Penyebab Erosi Serviks- Level estrogen : erosi serviks merupakan respons terhadap sirkulasi estrogen dalam tubuh.

a)      Dalam kehamilan : erosi serviks sangat umum ditemukan dalam kehamilan karena level estrogen yang tinggi. Erosi serviks dapat menyebabkan perdarahan minimal selama kehamilan, biasanya saat berhubungan seksual ketika penis menyentuh serviks. Erosi akan menghilang spontan 3-6 bulan setelah melahirkan.

b)      Pada wanita yang mengkonsumsi pil KB : erosi serviks lebih umum terjadi pada wanita yang mengkonsumsi pil KB dengan level estrogen yang tinggi.

c)       Pada bayi baru lahir : erosi serviks ditemukan pada 1/3 dari bayi wanita dan akan menghilang pada masa anak-anak oleh karena respon maternal saat bayi berada di dalam rahim

d)      Wanita yang menjalani Hormon Replacement Therapy (HRT): karena penggunaan estrogen pengganti dalam tubuh berupa pil, krim , dll.

  1. Penyebab Erosi Serviks- Infeksi: teori bahwa infeksi menjadi penyebab erosi serviks mulai menghilang. Bukti-bukti menunjukkan bahwa infeksi tidak menyebabkan erosi, tapi kondisi erosi akan lebih mudah terserang bakteri dan jamur sehingga mudah terserang infeksi.
  2. Penyebab Erosi Serviks lain : infeksi kronis di vagina, douche dan kontrasepsi kimia dapat mengubah level keasaman vagina dan sebabkan erosi serviks. Erosi serviks juga dapat disebabkan karena trauma (hubungan seksual, penggunaan tampon, benda asing di vagina, atau terkena speculum)

 

Berbagai jenis trauma sebagai penyebab  erosi serviks. hubungan seksual, penyisipan benda-benda lainnya ke dalam vagina adalah cara-cara trauma yang mungkin terjadi. Penyebab lain termasuk infeksi berat pada vagina atau STDS seperti herpes atau awal sifilis. Kadang-kadang percikan bahan kimia lain pada vagina seperti krim kontrasepsi atau busa yang menjadi penyebab erosi servik (pengikisan).

Penyebab Erosi Serviks– Sering berganti pasangan dalam berhubungan intim atau penggunaan spray vagina atau produk lain pada vagina dapat meningkatkan risiko mengembangkan erosi leher rahim. Namun pada kasus lain, wanita yang tidak memiliki faktor-faktor risiko ini juga sering mengembangkan erosi serviks.

Gejala erosi serviks:

(1)    Mayoritas tanpa gejala

(2)    Perdarahan vagina abnormal (yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi) yang terjadi :

· Setelah berhubungan seksual (poscoital)

· Diantara siklus menstruasi

· Disertai keluarnya cairan mucus yang jernih / kekuningan, dapat berbau jika disertai infeksi vagina

(3)    Inflamasi salah satu penyebab erosi serviks, sehingga sekresi serviks meningkat secara signifikan, berbentuk mucus, mengandung banyak sel darah putih, sehingga ketika sperma melewati serviks akan mengurangi vitalitas sperma dan menyulitkan perjalanan sperma. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya infertilitas pada wanita.

 

Penanganan erosi porsio/erosi serviks

1)      Memberikan albotyl di sekitar Erosio pada portio.

2)      Melakukan penatalaksanaan pemberian obat.

· Lyncopar 3 x 1 untuk infeksi berat yang disebabkan oleh bakteri /streptokokus pneomokokus stafilokokus dan infeksi kulit dan jaringan lunak.

· Ferofort 1 x 1 berfungsi untuk mengobati keputihan

· Mefinal 3 x 1 berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit

Sebagai pencegahan erosi dan pseudo merekomendasikan bahwa semua wanita menyadari kebersihan pribadi dan dua kali sehari, cuci bersih dengan sabun dan air. Menjaga toilet pada alat kelamin jangan lupa mitra seks Anda. Penyebab Erosi Serviks- Perlu diingat bahwa perubahan mitra seksual, antara lain, mengarah ke perubahan dalam vagina flora, meningkatnya risiko penyakit. Ingat bahwa kehadiran nanah dalam air mani juga dapat menyebabkan laki-laki erosi. Penyebab Erosi Serviks- Menggunakan kontrasepsi untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi, yang pasti akan melukai leher rahim

 

Penyebab Erosi Serviks dan Penangannya

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*