Penyakit Kanker Serviks

PENYAKIT KANKER SERVIKS

Penyakit Kanker Serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita penyakit kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Penyakit kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina).
Kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya.

Jenis virus HPV yang menyebabkan penyakit kanker serviks dan paling fatal.Akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita.

Penyakit kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit untuk di deteksi. Oleh karena itu di sarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali, melakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll.

Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita penyakit kanker serviks yang tertinggi di dunia. setiap hari ditemukan lebih dari 40 wanita Indonesia atau sekitar 15.000 wanita pertahun, yang menderita penyakit kanker serviks. Hal yang lebih miris lagi bahwa sebagian besar yaitu sekitar 55% atau kurang lebih 8000 penderita diantara mereka berakhir dengan kematian. Sehingga tidak berlebihan jika kanker serviks dijuluki sebagai pembunuh nomer satu wanita di Indonesia. Mengapa bisa begitu berbahaya? Pasalnya, penyakit kanker serviks muncul seperti musuh dalam selimut. Sulit sekali dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut.

penyakit kanker serviks

penyakit kanker serviks

Stadium Kanker Serviks

Ketika terdiagnosa menderita penyakit kanker serviks, maka penting bagi penderita untuk mengetahui  tahapan-tahapan (stadium) kanker, karena informasi ini sangat penting bagi dokter maupun si penderita untuk bisa merencanakan pengobatan sesuai dengan tingkat / tahapan keparahan kanker tersebut.

Sejauh ini ada 5 tingkatan yang sudah dikenali;

 

  1. 1.      Stadium 0

Pada stadium 0, kanker ditemukan di lapisan pertama dari sel-sel yang melapisi serviks saja dan belum menyerang jaringan yang lebih dalam dari leher rahim. Ini adalah bentuk paling awal dari kanker serviks dan dapat diobati dengan operasi laser, histerektomi atau radiasi.

  1. 2.      stadium I

Pada kanker stadium ini, kanker masih ditemukan pada bagian serviks namun belum menyebar. Pada stadium IA, jumlah yang sangat kecil dari kanker yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop ditemukan dalam jaringan serviks.

  1. 3.      stadium IB

kanker masih dalam leher rahim dan “nampaknya” baik, hanya dapat dilihat dengan mikroskop

  1. 4.      stadium II

kanker telah menyebar ke luar leher rahim tetapi belum sampai ke dinding pelvis. Tahap II dibagi menjadi tingkat/stadium IIA dan IIB, berdasarkan pada seberapa jauh kanker telah menyebar.

Stadium IIA, kanker telah menyebar ke luar leher rahim ke dua pertiga bagian atas vagina tetapi tidak sampai jaringan di sekitar rahim

  1. 5.      Stadium IIB, kanker telah menyebar ke luar leher rahim ke dua pertiga bagian atas vagina dan jaringan di sekitar rahim.

Gejala penyakit kanker serviks stadium awal di tandai dengan munculnya keanehan pada daerah leher rahim atau serviks atau yang terjadi pada sekitar bagian intim wanita. Berikut adalah indikasi berbagai gejala awal yang dapat anda jadikan perhatian serius. Gejala penyakit kanker serviks stadium awal hampir tidak memiliki tanda yang dapat di amati secara jelas.

 

PENYAKIT KANKER SERVIKS

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*