Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan

Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan

 

Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan – Penyakit kanker serviks yang menyerang wanita pada bagian intim ini merupakan salah satu penyakit yang dapat membunuh jutaan wanita yang ada di dunia. Untuk itu, kanker serviks adalah penyakit yang mempunyai urutan nomer satu sebagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian bagi sang penderitanya. Sel kanker yang menyerang pada bagian kandungan atau bawah uterus akan semakin menyebar jika tidak segera di tangani dengan pengobatan yang benar.

Banyak sekali orang yang bertanya tentang apakah penderita mempunyai kemungkinan untuk hamil atau apakah wanita yang sedang mengandung dapat di serang oleh penakit yang ganas ini? dan apakah ada pengaruh kanker serviks ini pada kehamilan dan juga janin? Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa jawaban yang akan dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas. Kanker serviks ini berbeda dengan kanker payudara yang juga menyerang pada wanita. Kanker serviks ini dapat di derita oleh wanita yang hamil maupun tidak hamil. Dan dalam artikel ini akan saya ulas beberapa informasi mengenai Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan dan Janin. Perlu di ketahui bahwa bahaya kanker serviks yang di derita ibu hamil akan dapat membahayakan pada janin yang ada di dalam kandungannya. Nah sebelum mengulas Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai gejala kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks Pada Ibu Hamil

Perlu Anda tahu, bahwa gejala awal kanker serviks pada stadium awal akan sangat sulit terdeteksi. Bahkan mereka cenderung sama seperti kebanyakan wanita normal. Nah, agar ibu hamil mengetahui gejala kanker serviks sejak dini, yuk simak ulasannya berikut ini mengenai gejala kanker serviks :

  • Keputihan patogonis

Keputihan atau flour albus ini merupakan cairan yang keluar dari organ intim wanita dalam jumlah yang banyak selain darah. Walaupun tidak semua jenis keputihan itu berbahaya, namun ibu hamil harus tetap berhati-hati ketika keluarnya keputihan dengan ciri-ciri sebagai berikut: keluarnya cairan keputihan dalam jumlah yang tidak sedikit, cairan yang berubah menjadi kental, memiliki aroma bau yang tidak sedap, memiliki warna yang tidak normal, munculnya rasa gatal juga panas pada bagian vagina. Nah, ketika ibu hamil mengalami beberapa gejala seperti itu, maka sebaiknya cepatlah periksakan ke dokter.

  • Sakit pada area kewanitaan

Ketika virus HPV mulai menyerang, biasanya akan timbul rasa sakit di bagian kewanitaan, hal ini disebabkan oleh HPV yang memang telah berkembang serta mengganggu imunitas tubuh sehingga bisa menimbulkan sakit di bagian bawah perut, munculnya sakit atau ngilu pada bagian paha, merasakan sakit ketika tengah buang air besar, bahkan akan merasakan sakit ketika melakukan hubungan intim.

  • Pendarahan

Pada wanita normal atau wanita yang tidak tengah hamil, gejala kanker serviks yaitu keluarnya darah. Namun banyak diantaranya kaum wanita yang beranggapan bahwa pendaharan tersebut muncul dikarenakan siklus menstruasi yang tidaklah normal, namun kalian tetap harus mewaspadainya ketika darah yang keluar dari area vagina sering bahkan berangsur rutin, maka segeralah periksakan hal tersebut ke dokter.

  • Nyeri buang air kecil

Kantung kemih yang memang terkena infeksi firus HPV akan mengakibatkan penderitanya mengalami rasa sakit atau bahkan nyeri ketika mereka buang air kecil, dan hal ini merupakan gejala kanker serviks yang harus di waspadai, karena telah memasuki stadium lanjut.

  • Timbul rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan seks

Ketika ibu hamil tengah melakukan hubungan intim dengan suami, maka ibu hamil akan merasakan sakit sampai mengeluarkan darah, dan hal ini disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada leher rahim yang sudah parah.

  • Penurunan nafsu makan

Turunnya nafsu makan juga bisa menyebabkan imunitas menurun, sehingga resiko terjadinya stress akan meningkat, cemas yang berlebihan, serta bisa mengganggu energy. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa merupakan salah satu pertanda awal terjadinya gejala kanker serviks.

  • Bengkak pada kaki

Jika Anda mengalami bengkak pada kaki secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas, mungkin saja hal ini merupakan serangkaian pertanda kalau virus yang menyebabkan kanker serviks mulau menyerang tubuh Anda.

  • Cepat Lelah

Rasa lelah yang diakibatkan oleh virus HPV merupakan rasa lelah yang di rasakan tanpa adanya sebab yang menyerang waktu Anda santai.

Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan

Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan

Apa saja pengaruh kanker serviks pada kehamilan ? Dan ini lah ringkasan dari beberapa pengaruh kanker serviks pada kehamilan dan Janin diantaranya adalah :

  • Kelahiran Bayi Prematur

Resiko pertama yang mungkin dialami dari kondisi kanker serviks yang terjadi pada masa kehamilan adalah kelahiran bayi prematur. Kondisi ini tentu menjadi hal yang menyeramkan terjadi pada buah hati anda. Bagaimanapun setiap orangtua tentunya menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya.

Resiko kelahiran bayi prematur akan mungkin membuat impian memiliki bayi yang lahir dengan sehat menjadi hancur. Untuk itu, sebaiknya segera konsultasikan masalah kanker serviks anda ke dokter. Bila perlu lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi masalah gangguan pada organ kewanitaan sejak dini.

  • Keguguran

Resiko paling menakutkan dari kanker serviks yang dialami pada masa kehamilan adalah keguguran pada bayi. Hal ini dikarenakan pada beberapa kondisi tertentu adanya kanker membuat janin dalam kandungan perlu diangkat dengan alasan keamanan dan keselamatan.

Bahkan penelitan menunjukan bahwa seorang wanita yang menderita kanker serviks bahkan tidak memiliki kemungkinan untuk hamil. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menakutkan. Akibat dari tahapan tertentu perawatan dan penanganan kanker serviks akan memungkinkan pengangkatan rahim harus dilakukan.

  • Hambatan Proses Perkembangan Janin

Adanya inferksi virus yang terjadi pada bagian rahim akan mungkin mempengaruhi perkembangan janin didalamnya. Dimana kondisi ini akan mengakibatkan adanya hambatan proses perkembangan janin dalam kandungan. Kondisi ini pada umumnya disebabkan adanya neoplasma yang berbahaya. Dampaknya janin anda tidak akan bertumbuh dan berkembang dengan normal seperti bayi pada umumnya. Hal ini bisa memicu resiko bayi cacat pada saat dilahirkan.

  • Hambatan Proses Persalinan

Selain mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Adanya kanker serviks pun bisa menyebabkan gangguan pada proses persalinan. Akibat adanya jaringan sel kanker serviks proses persalinan yang normal akan dapat terkendala. Masalah ini tentu akan menjadi ancaman yang mengerikan  untuk anda.

Jadi itulah beberapa pengaruh kanker serviks pada kehamilan. Kanker serviks yang terjadi tidak dapat disepelekan begitu saja. Diperlukan penanganan yang efektif dengan berkonsultasi dengan dokter. Agar demikian masalah ini bisa segera diatasi dengan baik. Semoga bermanfaat ^^

Pengaruh Kanker Serviks Pada Kehamilan

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*