PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

 

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS – Bagi anda para wanita harus tahu bagaimana cara mencegah kanker serviks supaya anda tidak terkena salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita tersebut. Sebelum anda mengetahui pencegahannya, alangkah lebih baik jika anda juga mengetahui tentang gejala kanker serviks tersebut.

pencegahan kanker serviks

Pencegahan Kanker Serviks – Pap Smear

Pencegahan Kanker Serviks – Kanker serviks adalah kanker yang menyerang pada leher rahim perempuan yang disebabkan oleh virus HPV yang bisa ditularkan lewat kontak fisik. Sehingga, bagi para wanita harus sangat berhati-hati saat melakukan “hubungan” supaya penyakit tumor ganas ini tak bersarang ini rahim anda. Kebanyakan wanita yang meninggal karena kanker serviks disebabkan oleh virus HPV tipe 16 dan 18 yang bisa ditularkan tidak hanya melalui cairan tetapi juga lewat sentuhan kulit. Selain itu, gaya yang hidup yang tidak sehat seperti merokok, bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan juga bisa memicu terjadinya kanker rahim ini.

Atau, bisa saja kanker ini menular lewat penggunaan WC umum yang tidak dijaga kebersihannya, maka anda harus benar – benar memperhatikan toilet yang anda gunakan. Ada lagi, melakukan hubungan “secara alami” kurang dari umur 16 tahun dan sering melahirkan juga dapat memicu kanker bersarang pada rahim anda.

 

 

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

Banyak orang yang percaya bahwa kanker serviks tak bisa dicegah. Padahal ada banyak cara untuk mencegahnya. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan kanker serviks antara lain :

 

  1. JAUHI ROKOK

Pencegahan kanker serviks yang pertama adalah menjauhi rokok. Ini peringatan paling penting buat wanita perokok. Kecuali mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker serviks (leher rahim), lho. “Nikotin, kan, mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada mukosa tenggorokan, paru-paru, juga serviks. ” Sayangnya tak diketahui pasti seberapa banyak jumlah nikotin dikonsumsi yang bisa menyebabkan kanker serviks. Tapi, mengapa harus ambil risiko, lebih baik tinggalkan segera rokok jika kita ingin terbebas dari kanker.

 

  1. PENCUCIAN / MEMBASUH VAGINA

Pencegahan kanker serviks  adalah tidak memcuci atau membasuh vagina dengan obat-obatan antiseptik. Sering, kan, kita melakukan pencucian vagina dengan obat-obatan antiseptik tertentu. Alasannya beragam, entah untuk “kosmetik” atau kesehatan. Padahal, kebiasaan mencuci vagina bisa menimbulkan kanker serviks, baik obat cuci vagina antiseptik maupun deodoran. “Douching atau cuci vagina menyebabkan iritasi di serviks. Nah, iritasi berlebihan dan terlalu sering akan merangsang terjadinya perubahan sel, yang akhirnya jadi kanker.” Jadi, sebaiknya pencucian vagina dengan bahan-bahan kimia tak dilakukan secara rutin. “Kecuali bila ada indikasi, misalnya, infeksi yang memang memerlukan pencucian dengan zat-zat kimia.Itu pun seharusnya atas saran dokter.” Artinya, kita jangan sembarangan membeli obat-obatan pencuci vagina. “Terlebih lagi, pembersih tersebut umumnya akan membunuh kuman-kuman. Termasuk kuman Basillus doderlain di vagina yang memproduksi asam laktat untuk mempertahankan pH vagina.” Kita tahu, bila pH enggak seimbang lagi di vagina, maka kuman lain, seperti jamur dan bakteri, bisa punya kesempatan hidup di tempat tersebut. Ini, kan, malah bisa menimbulkan penyakit-penyakit lain.

 

  1. MELAKUKAN TES PAPSMEAR

Pencegahan kanker serviks adalah melakukan tes papsmear secara teratur akan membantu Anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, ketika kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.

 

  1. VAKSIN HPV

Pencegahan kanker serviks adalah melakukan vaksin HPV untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks juga baik dilakukan. Vaksin HPV diketahui sebagai cara paling efektif untuk mencegah kanker serviks. Namun melakukan vaksin saja tak cukup, Anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan wanita untuk pencegahan kanker serviks agar terhindar dari penyakit kanker serviks. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan alat genital, serta melakukan gaya hidup yang sehat. Melakukan vaksin HPV, menggunakan kondom, serta melakukan tes papsmear secara teratur juga bisa dilakukan untuk berjaga-jaga agar tak terkena penyakit kanker serviks.

 

Sekian artikel mengenai pencegahan kanker serviks. Semoga artikel mengenai pencegahan kanker serviks diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*