Pencegahan Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

Pencegahan Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

 

Pencegahan Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker yang terjadi di bagian leher rahim. Kanker ini disebabkann terutama oleh virus HPV (human papilloma virus) onkogenik. Di negara berkembang, infeksi HPV secara umum bertanggung jawab terhadap kasus kanker serviks. Kebanyakan penderita kanker serviks di Indonesia baru terdeteksi penyakitnya ketika sudah memasuki stadium lanjut (di atas 3b).

Pencegahan Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

Dengan mengetahui beberapa penyebab dan gejala kanker serviks, Anda diharapkan lebih waspada terhadap penyakit ini. Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan. Langkah pencegahan yang mudah bisa dimulai dengan cara berikut ini :

  1. Rutin melakukan pemeriksaan pap smear

Pap Smear merupakan salah satu cara terbaik sebagai lini pertahanan pertama untuk mencegah kanker serviks. Metode screening satu ini berfungsi untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker nantinya.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear pertama kali pada usia 21 tahun, terlepas apakah Anda sudah pernah berhubungan seksual atau belum. Tapi, jika usia Anda sudah lebih dari 21 tahun, Anda belum terlambat untuk segera melakukan pemeriksaan ini.

Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin setiap tiga tahun sekali (tanpa disertai tes HPV), bagi Anda yang berusia 21-30 tahun. Sedangkan bagi Anda yang berusia lebih dari 30 tahun, Anda disarankan untuk melakukan pap smear (disertai dengan tes HPV) setiap lima tahun sekali. Lakukan pemeriksaan pap smear segera rutin untuk mengurangi risiko kanker serviks. Jangan lupa, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda memutuskan melakukan pemeriksaan ini.

  1. Mendapatkan vaksinasi HPV

Cara lain yang tidak kalah penting untuk mencegah kanker serviks adalah melakukan vaksinasi HPV. Jika Anda wanita dan laki-laki berusia antara 9 sampai 26 tahun, Anda disarankan untuk mendapatkan vaksin ini.

Pada dasarnya vaksin HPV paling ideal diberikan pada mereka yang memang belum aktif secara seksual. Tapi, semua orang dewasa yang aktif secara seksual dan belum pernah mendapatkan vaksin ini sebelumnya, sebaiknya segera melakukan vaksinasi.

Wanita yang sudah aktif secara seksual harus melakukan pemeriksaan pap smear terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin HPV. Jika hasil pap smear normal, Anda boleh langsung mendapatkan vaksin HPV. Namun, jika pemeriksaan pap smear tidak normal, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk melakukan diagnosis lebih lanjut.

Meski vaksin HPV bisa mengurangi risiko kanker serviks, tapi vaksin ini tidak menjamin Anda terlindung sepenuhnya dari penyakit kanker serviks. Anda tetap disarankan menjalani pola hidup sehat dan pap smear secara rutin meski sudah mendapatkan vaksinasi HPV.

  1. Hindari merokok

Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dengan tidak merokok. Tidak merokok adalah cara penting lainnya untuk mengurangi risiko kanker serviks. Pasalnya, racun rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu sel kanker muncul dan bertambah ganas.

  1. Lakukan seks yang aman

Lebih dari 90 persen kanker serviks disebabkan karena terinfeksi virus HPV. Penyebaran virus ini terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman, maka gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi risiko tertular HPV.

Selain itu, risiko tertular HPV juga meningkat apabila sering bergonta-ganti pasangan seksual. Wanita yang hanya memiliki satu pasangan pun bisa terinfeksi virus ini jika pasangannya memiliki banyak pasangan seksual lain.

  1. Menjaga kebersihan vagina

Selain melakukan pap smear untuk mencegah kanker serviks, Anda juga harus menjaga kebersihan vagina terutama saat menstruasi dan keputihan. Menggunakan cairan antiseptik kewanitaan yang mengandung povidone iodine mungkin bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan vagina Anda, terutama ketika masa “red day” atau menstruasi.

  1. Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup yang sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun. Melakukan gaya hidup sehat sehari-hari dengan memakan makanan sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik yang mengurangi resiko terserang dari segala penyakit. Tidak bisa di pungkiri bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik tidak lemah.

  1. Tomat

Tomat yang berwarna merah, juicy dan sudah matang adalah salah satu makanan yang dapat memberikan efek pencegahan kanker. Di dalam buah tomat terkandung lycopene yang merupakan antioksidan kuat yang terkandung dalam tomat. Lycopene dapat menghambat sejumlah sel kanker untuk berkembang seperti pada kanker payudara, kanker paru, kanker rahim dan kanker leher rahim. Peneliti berspekulasi bahwa lycopene dapat menlindungi sel dari kerusakan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh yang meniingkat akan melindungi tubuh dari virus HPV dan menghambat pertumbuhan sel yang abnormal.

Supaya anda mendapat keuntungan maksimal dari lycopene yang terkandung dalam tomat, maka anda dapat mengonsumsi tomat secara langsung tanpa di masak dengan dijus atau juga bisa mengonsumsi tomat yang sudah di masak. Namun, anda harus ingat bahwa zat lycopene yang terdapat dalam tomat yang sudah di masak dapat berkurang karena suhu panas saat memasak makanan akan menghancurkan dinding sel tanaman tomat. Akibatnya, zat lycopene banyak yang keluar dan rusak sebelum dikonsumsi. Namun, anda dapat mendapat banyak lycopene dari memakan buah-buahan seperti semangka, anggur ungu dan paprika merah.

Itulah beberapa cara pencegahan kanker serviks yang harus diketahui. Dengan melakukan semua cara pencegahan kanker serviks yang telah disebutkan, pasti Anda tidak akan kesulitan untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut datang ke tubuh Anda. Cara tersebut juga sangat mudah untuk Anda lakukan dengan biaya yang murah. Semoga bermanfaat …

Pencegahan Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*