Pencegahan Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

 

Pencegahan Kanker Serviks, Bagi anda para wanita harus tahu bagaimana cara mencegah kanker serviks supaya anda tidak terkena salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita tersebut. Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada leher rahim, yakni tidak normalnya pertumbuhan sel pada jaringan serviks (organ penghubung uterus dengan vagina) atau bagian terbawah dari rahim yang menonjol ke arah organ genital wanita (vagina).

Pencegahan Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

Perlu Anda ingat baik-baik bahwa kanker serviks tidaklah menular. Tidak dibenarkan apabila melakukan kontak langsung dengan pengidap kanker serviks dapat terjangkit penyakit tersebut, layaknya HIV. Namun, yang harus Anda ketahui bahwa yang tertular adalah virus penyebab terjadinya kanker serviks, yaitu HPV (human papilloma virus).

Proses penularan juga tidak semena-mena akibat kontak langsung seperti berjabat tangan, terkena keringat, tukar menukar pakaian, dlsb. Melainkan kontak seksual yang lebih memainkan peran dalam hal ini, baik itu oral maupun anal.

Tidak ada yang menyadari gejalanya, bahkan survey menunjukan perempuan yang terinfeki virus papiloma manusia (penyebab kanker serviks) baru memeriksakan diri setelah berada pada stadium 3 yang membuat penderita mengalami kerusakan organ-organ di dalam tubuhnya. Tidak menutup kemungkinan pola kehidupan anda beresiko mengalami kanker serviks.

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks umumnya akan terdeteksi ketika sudah mencapai stadium 3. Sebelum terkena penyakit berbahaya tersebut, lebih baik lakukan upaya pencegahan kanker serviks, seperti berikut:

  1. Hindari Diet Tidak Sehat

Kebiasaan wanita dengan berat badan berlebih adalah melakukan diet yang kadang menyiksa tubuh. Hal ini harus dihindari untuk mencegah timbulnya kanker serviks. Diet yang tidak sehat bisa menyebabkan virus kanker serviks berkembang dalam tubuh. Oleh karena itu hindari diet tidak sehat sebagai upaya pencegahan kanker serviks.

  1. Menghindari Rokok

Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menghindari rokok. Wanita perokok aktif umumnya akan mengalami resiko terbesar penyakit kanker serviks. Zat adiktif dalam sepuntung rokok menimbulkan datangnya virus kanker serviks tersebut.

  1. Mengindari Pemakaian Produk Makanan Berbungkus Bahan Kimia Berbahaya

Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menghindari pemakaian produk makanan berbungkus bahan kimia berbahaya. Makanan yang dibungkus plastik dan Styrofoam dapat memicu datangnya virus kanker serviks.

  1. Menghindari Seks Bebas

Hubungan seks dengan gonti-ganti pasangan dapat memicu berkembangnya virus human papiloma penyebab kanker seviks. Oleh karena itu sebagai pencegahan kanker serviks hindari seks bebas sejak dini.

  1. Melakukan Pap Smear

Ini merupakan deteksi dini penyakit kanker serviks. Test dilakukan minimal satu tahun sekali, terlebih pada wanita yang telah menikah dan menggunakan pil KB. Pap smear ini terbukti dapat mencegah resiko terjadinya kanker serviks. Dengan melakukan tes papsmear secara rutin (setahun biasanya tiga kali), maka upaya pencegahan kanker serviks lain yang hendak dilakukan secepat mungkin bisa diketahui lebih awal.

  1. Gaya Hidup Sehat

Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Melakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi juga penting untuk mencegah kanker serviks. Penelitian menunjukkan bahwa perokok wanita memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena kanker serviks.

Itulah sekilas artikel mengenai pencegahan kanker serviks. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan wanita agar terhindar dari penyakit kanker serviks. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan alat genital, serta melakukan gaya hidup yang sehat. Melakukan vaksin HPV, menggunakan kondom, serta melakukan tes papsmear secara teratur juga bisa dilakukan untuk berjaga-jaga agar tak terkena penyakit kanker serviks.

Pencegahan Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*