Pantangan Kanker Serviks

Pantangan Kanker Serviks

 

Pantangan Kanker Serviks – Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.

Pantangan Kanker Serviks

Pantangan Kanker Serviks

Kanker serviks termasuk penyakit yang sering menyerang kaum wanita dan sama berbahayanya dengan kanker payudara. Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti merokok, hubungan seks bebas, penggunaan obat-obatan tertentu dan berbagai penyebab lainnya. Pada tahap awal  mungkin penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun, namun saat sudah semakin parah baru bisa dirasakan dengan jelas. Karena itu kebanyakan penderita kanker serviks tidak dapat disembuhkan karena terlambat didiagnosis dan mendapat pengobatan.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan alat kelamin. Ada banyak jenis HPV yang sebagian besar adalah virus yang tidak berbahaya. Tapi ada beberapa jenis HPV yang mengganggu sel-sel leher rahim untuk bisa berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu kanker. HPV sangat umum ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya kanker serviks.

Dari banyaknya jenis HPV, ada dua jenis virus HPV yang paling berbahaya, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis virus ini yang menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks. Banyak wanita tidak menyadari telah terinfeksi, karena HPV jenis ini tidak menimbulkan gejala. Penting untuk menyadari bahwa infeksi ini sering terjadi, meski banyak wanita yang terinfeksi tidak mengalami kanker.

Kondom bisa melindungi Anda dari HPV saat berhubungan seks, tapi tidak selalu sempurna dalam mencegah terjadinya infeksi. Saat terinfeksi HPV, sistem kekebalan tubuh wanita mencegah virus untuk melukai rahim, tapi pada sebagian wanita, virus HPV bisa bertahan selama bertahun-tahun. Hal ini mengakibatkan sel-sel yang berada di permukaan leher rahim berubah menjadi sel kanker.

Vaksin untuk mencegah infeksi HPV yang berisiko menyebabkan kanker sudah tersedia. Vaksinasi HPV yang saat ini ada adalah vaksin bivalen untuk HPV 16 dan 18; vaksin kuadrivalen untuk HPV 6, 11, 16 dan 18; atau vaksin nonavalen untuk 9 jenis HPV yaitu 4 jenis ditambah 31,33, 45, 52, dan 58.

Sebagai penderita kanker serviks, tentu harus selalu mementingkan kesehatannya dan melakukan apa yang disarankan agar dapat sembuh. Selain itu ada beberapa jenis pantangan kanker serviks yang seharusnya dihindari oleh penderita kanker serviks agar penyakitnya tidak bertambah parah atau kembali kambuh jika memang sudah sembuh. Makanan yang harus dihindari penderita kanker serviks tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi ini memiliki kandungan gula yang tinggi dan bersifat karsinogen. Sehingga, jika anda mengkonsumsi jenis minuman ini, akan membuat kanker semakin parah dan dapat menyebabkan diabetes.

  1. Alkohol

Bir Arak, cocktail dan yang lainnya merupakan jenis minuman yang dilarang untuk dikonsumsi penderita kanker serviks. Karena, alkohol akan merangsang perkembangan sel kanker didalam tubuh, alkohol juga akan merusak saraf dan organ tubuh. Jadi, semua makanan ataupun minuman yang mengandung alkohol harus anda hindari.

  1. Daging

Baik daging sapi maupun unggas sebaiknya dihindari baik bagi orang yang sehat maupun yang sudah mengalami kanker serviks. Daging sapi dan juga jenis daging lainnya mengandung banyak lemak jenuh sehingga tidak baik bagi tubuh. Selain itu daging unggas kebanyakan telah disuntik hormon agar cepat besar. Hormon tersebut jika masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan pertumbuhan sel yang abnormal sehingga muncullah kanker serviks.

  1. Popcorn yang dimasak menggunakan microwave

Microwave meliki lapisan bahan kimia yang berguna untuk membuat makanan terjaga kesegarannya. Popcorn juga mengandung bahan kimia yang dapat merusak paru-paru dan memicu kanker. Selain itu, popcorn juga memiliki kandungan lenmak yang cukup tinggi.

  1. Makanan yang diolah dengan cara digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak yang sudah dipakai secara berulang-ulang dapat memperburuk gejala kanker serviks. Margarine dan minyak goreng mengandung lemak trans yang memiliki sifat karsinogen.

  1. Makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang

Steak dan sate merupakan salah satu hidangan yang menggoda selera karena rasanya sangat lezat. Namun jenis makanan yang digoreng atau dipanggang harus dihindari, karena bersifat karsinogen sehinggga dapat meningkatkan perkembangan sel-sel kanker.

  1. Makanan yang mengandung pengawet

Makanan kaleng, ikan asin, mie instant, makanan dan jus dalam kemasan merupakan hal yang harus dihindari. Karena terdapat zat kimia yang dapat memperparah kondisi kanker. Sebaiknya anda mengkonsumsi

  1. Gula halus

Donat bolu, dan aneka kue lainnya mengandung gula halus. Gula halus dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin didalam tubuh dan bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, gula juga mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan diabetes.

  1. Jenis sayuran tertentu

Tauge memiliki kandungan zat yang dapat memicu terbentuknya kanker. Selain itu, kangkung dan sawi putih juga bisa mengurangi kinerja obat. Walaupun termasuk kedalam jenis sayuran, jenis sayuran tersebut harus dihindari.

  1. Jenis buah-buahan tertentu

Durian, Nanass dan anggur mengandung alkohol. Sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker. Sedangkan Nangka dan lengkeng mengandung zat yang dapat meningkatkan aktifitas kanker.

  1. Seafood

Semua orang pasti suka seafood, namun demi kesehatan sebaiknya hindari jenis makanan tersebut. Seafood memang kaya akan nutrisi namun juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Ditambah lagi seafood lebih banyak mengandung natrium dibandingkan ikan sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita kanker serviks.

Itulah beberapa jenis pantangan kanker serviks yang harus dihindari penderita kanker serviks dan semuanya hampir sama dengan makanan yang dilarang penderita kanker payudara. Jika kita bisa menghindarinya tentu kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan penderita kanker serviks dapat segera sembuh. Semoga bermanfaat

Pantangan Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*