KEPUTIHAN, GEJALA KANKER SERVIKS ?

KEPUTIHAN, GEJALA KANKER SERVIKS ?

 

KEPUTIHAN, KANKER SERVIKS – Kanker serviks disebut silent disease karena penyakitnya berjalan lambat dan tidak menunjukkan gejala khas pada saat stadium awal. Namun bila wanita mengalami keputihan yang tak kunjung sembuh, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan kanker serviks.

keputihan

Keputihan, Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang serviks atau leher rahim dan membutuhkan proses yang panjang antara 3-20 tahun untuk menjadi sebuah kanker yang diawali dengan infeksi. Hal inilah yang menyebabkan hampir 80 persen kasus yang ditemukan sudah dalam stadium lanjut. Kanker serviks juga merupakan penyakit yang berjalan lambat (silent disease) sehingga pada stadium pra kanker dan kanker stadium awal tidak menimbulkan gejala atau keluhan sama sekali.

Menurut dr Fitriyadi, tidak ada gejala khas pada kanker serviks stadium awal. Namun ke-putihan yang tidak kunjung sembuh meski sudah diobati bisa menjadi ‘alarm’ adanya infeksi di leher rahim yang mengarah pada kanker serviks.

 

APA ITU KEPUTIHAN ?

Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Fluor Albus pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan ke-putihan abnormal (patologis). keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan Fluor Albus pada wanita ini. Padahal Fluor Albus tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari Fluor Albus ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan, Fluor Albus juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian.

Ke-putihan tersebut biasanya terjadi berulang-ulang, berbau dan tidak dapat sembuh dengan pengobatan biasa. Pada stadium lanjut, akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami pembengkakan, nafsu makan menjadi berkurang, berat badan tidak stabil, susah buang air kecil dan mengalami pendarahan spontan.

 

LALU BAGAIMANA MENCEGAH KEPUTIHAN ?

Penyebab keputihan biasanya dikarenakan jamur , bakteri, virus dan parasit. Meskipun Fluor Albus memiliki banyak jenisnya,akan tetapi hal itu sangat berbahaya apalagi kuman menyerang serviks. Pencegahan dini merupakan solusi awal untuk anda mengatasi Fluor Albus .

Cara mencegah keputihan:

  • Menjaga kebersihan daerah vagina
  • Membilas vagina dengan cara yang benar
  • Jangan suka tukar-tukaran celana dalam menggunakan celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya
  • Jangan menggunakan handuk bersamaan ( suka tukar-tukaran handuk )
  • Lebih berhati – hati dalam menggunakan sarana toilet umum
  • Jalani Pola hidup sehat, cukup tidur, olah raga teratur, makan makanan dengan gizi yang seimbang

 

Jika sudah terbukti bahwa keputihan yang Anda alami merupakan keputihan akibat kanker serviks maka satu-satunya cara adalah mengikuti segala petunjuk dokter termasuk kemotrapi. Atau Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker Anda atau mencoba pengobatan herbal. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

KEPUTIHAN, GEJALA KANKER SERVIKS ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*