Kanker Serviks Stadium 4

Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks stadium 4 adalah salah satu fase tertinggi dari kategori kanker serviks. Kondisi kanker seviks ini sudah masuk dalam tahap stadium lanjut. Salah satu penyebab angka kematian tertinggi penderita kanker serviks adalah terlambatnya proses pemeriksaan kanker. Di beberapa negara maju seperti Amerika, Inggris dan Eropa, kanker serviks lebih cepat ditangani karena biasanya ditemukan dalam kondisi yang masih awal. Sementara di negara berkembang (termasuk Indonesia) pemeriksaan kanker serviks belum terlalu dipahami oleh masyarakat.

Kanker Serviks Stadium 4

Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks stadium 4 adalah kondisi kanker yang sudah masuk dalam tahap lanjut. Kanker pada kondisi ini sudah menyebar ke berbagai organ lain dalam tubuh bahkan diluar bagian leher rahim. Kondisi kanker yang sudah menyebar ke bagian kandung kemih hingga rektum masuk dalam stadium 4A. Jika kanker telah masuk ke organ lain seperti paru-paru maka akan masuk dalam kanker serviks stadium 4B. Gejala dari kanker serviks stadium 4 adalah seperti di bawah ini.

  • Terjadi pendarahan hebat saat tidak sedang menstruasi dan menjelang atau sesudah masuk tahap menopause.
  • Ada rasa sakit yang muncul pada tulang, otot dan panggul bagin bawah.
  • Muncul rasa sakit yang berlebihan saat buang air besar atau buang air kecil dan bahkan kadang disertai dengan pendarahan.
  • Mengalami gangguan nafsu makan, lelah dan badan menjadi lebih lemah.
  • Biasanya penderita akan mengalami penurunan berat badan yang terjadi dalam waktu yang sangat cepat.
  • Terkadang jika kanker telah menyebar ke bagian otot tubuh, maka seluruh badan akan merasa sakit dan tidak nyaman.

Pemeriksaan Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks didiagnosis sebagai penyakit stadium IV umumnya terdeteksi dari pemeriksaan panggul abnormal atau gejala yang dihasilkan oleh kanker pasien. Setelah evaluasi pemeriksaan kanker serviks, kanker serviks stadium 4 dikatakan ada jika kanker telah melampaui serviks ke organ-organ yang berdekatan, seperti rektum atau kandung kemih (tahap IVA), atau kanker telah menyebar ke lokasi yang jauh dalam tubuh yang mungkin termasuk tulang, paru-paru atau hati (stadium IVB). Kanker serviks didiagnosa pada tahap ini seringkali sulit untuk mengobati, dan sebagian kecil pasien yang sembuh dari penyakit.

Berbagai faktor akhirnya mempengaruhi keputusan pasien untuk menerima pengobatan kanker. Tujuan menerima pengobatan kanker mungkin untuk memperbaiki gejala melalui kontrol lokal kanker, meningkatkan kesempatan pasien untuk sembuh, atau memperpanjang kelangsungan hidup pasien. Potensi manfaat menerima pengobatan kanker harus lebih berhati-hati dan juga seimbang dengan potensi risiko menerima pengobatan kanker.

Pasien yang didiagnosis dengan kanker serviks stadium 4 dapat dibagi menjadi dua kelompok. Pasien dengan penyakit yang terbatas secara lokal, tetapi melibatkan organ-organ yang berdekatan di panggul, seperti rektum dan kandung kemih, kondisi lokal kanker serviks 4 A.

Pasien lain memiliki penyakit yang telah menyebar ke organ jauh, paling sering tulang, paru-paru atau hati, dan memiliki stadium metastasis kanker serviks 4 B. Pengelolaan pasien dengan penyakit kanker serviks stadium 4 B metastatik ditujukan untuk mengendalikan gejala dan rasa sakit. Setelah menjalani pengobatan untuk kanker serviks, dokter akan terus mengikuti Anda untuk memeriksa untuk melihat bahwa kanker belum kembali atau tidak mengalami kemajuan.

Pencegahan Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks stadium 4 bukan menjadi penyakit besar yang langsung tumbuh dalam tubuh. Kanker serviks stadium 4 ini pada dasarnnya membutuhkan waktu infeksi yang sangat lama dan bisa mencapai 25 tahun. Cara terbaik untuk menghindari kanker serviks stadium 4 adalah dengan melakukan upaya pencegahan. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kanker serviks yang dapat kita lakukan. :

  • Melakukan pemeriksaan secara rutin bagi wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual. Tindakan ini dilakukan dengan metode Pap Smear. Pemeriksaan ini akan membantu deteksi dini sehingga bisa dilakukan pengobatan dengan cepat jika ditemukan potensi sel kanker.
  • Setia dengan pasangan. Memiliki hubungan seksual yang lebih aman akan menjauhkan wanita dari infeksi virus HPV. Penyebab kanker serviks adalah HPV tipe 16 dan 18. Melindungi diri dengan cara setia kepada pasangan akan memiliki resiko rendah terkena infeksi HPV.
  • Melakukan vaksin HPV. Saat ini ada vaksin HPV yang bisa digunakan sejak umur 12 atau 13 tahun. Vaksin ini bisa mencegah dari infeksi virus HPV tipe 16 dan 18.
  • Hentikan kebiasaan merokok. Jika Anda perokok maka segera hentikan kebiasaan buruk ini. Rokok memang tidak menimbulkan infeksi HPV secara langsung, tapi dalam tubuh perokok biasanya mereka tidak memiliki imunitas untuk mencegah infeksi HPV sehingga lebih berpotensi terkena kanker serviks.

Memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang sehat akan mendukung tubuh agar bisa melindungi diri dari infeksi HPV. Pencegahan kanker serviks harus dilakukan sejak dini. Hal ini sangat penting agar bisa meningkatkan harapan bagi para penderita kanker serviks stadium awal maupun kanker serviks stadium 4.

Kanker Serviks Stadium 4

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*