Kanker Serviks Penyebabnya

Kanker Serviks Penyebabnya

 

Kanker Serviks adalah satu dari banyak kanker yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Human papillomavirus (HPV) memainkan peran akan timbulnya banyak kasus kanker serviks. Wanita pengidap kanker mulut rahim ini akan mempunyai beberapa gangguan, diantaranya rasa nyeri dan pendarahan saat berhubungan intim.Ketika terkena HPV, sistem imun tubuh biasanya mencegah virus tersebut berkembang di dalam tubuh. Pada kasus kanker serviks, virus HPV bertahan hidup di dalam tubuh selama bertahun-tahun dan mengubah beberapa sel pada permukaan leher rahim menjadi sel kanker. Kanker serviks biasanya terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 30 tahun.

 
Penyebab Kanker Serviks
Dibawah ini ada beberapa penyebab kanker serviks diantaranya yaitu ;
Kanker Serviks Penyebabnya>> Faktor keturunan merupakan penyebab kanker serviks yang harus diwaspadai. Seperti penyakit kanker-kanker yang lain, kanker serviks juga bisa diturunkan pada generasi keluarga selanjutnya. Selain itu, Penyebab kanker serviks pada faktor ini juga bisa terjadi bila seorang ibu pernah melahirkan seorang anak, maka anak tersebut memiliki resiko terkena kanker serviks serupa lebih tinggi daripada wanita lain. Penyebab kanker serviks lainnya yang paling banyak adalah karena Human Papilloma Virus (HPV), yang menyerang sel-sel kulit mrs. v. Beberapa infeksi kulit karena virus ini bisa sembuh karena daya tahan tubuh yang tinggi, namun bila terkena virus HPV ganas, tentu hal ini tidak bisa diatasi begitu saja dengan kekebalan alami tubuh.
Penyebab kanker serviks dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Mutasi genetik ini kemudian mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sedangkan sel kanker tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali. Jumlah sel abnormal yang terus bertambah akan membentuk tumor. Sel kanker yang muncul kemudian menyerang jaringan di sekitarnya. Sel ini bisa melepaskan diri dari lokasi awal dan menyebar ke wilayah tubuh lainnya, proses ini disebut sebagai metastasis.

Kanker Serviks Penyebabnya

Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks lainnya adalah penggunaan obat-obatan kontrasepsi seperti pil KB dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena penyakit kanker serviks ini. Untuk itu, jika ingin menunda kehamilan, bicarakan solusi tepat dengan seorang dokter ahli agar usaha penundaan kehamilan tidak berakibat buruk pada kesehatan. Kanker serviks juga bisa disebabakan seorang wanita yang hamil dan melahirkan saat ia masih berusia dini, atau di bawah 17 tahun. Sebab, mereka sangat beresiko tinggi untuk terkena penyakit kanker serviks.
Selain itu, diet juga merupakan salah satu yang bisa menjadi penyebab kanker serviks pada seorang wanita beresiko tinggi terkena kanker serviks. Diet yang salah adalah diet yang tidak memperhatikan gizi, kurang konsumsi buah dan sayur yang dipercaya memiliki zat anti kanker yang sangat bagus bagi tubuh. Selain itu menjaga kebersihan alat kelamin merupakan hal yang sangat mutlak bagi seorang wanita. Bakteri apapun bisa merugikan kesehatan wanita dan mampu meningkatkan resiko terkena kanker serviks. Cara mudah untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan adalah dengan rutin mengganti celana dalam, minimal dua kali sehari. Selain itu, penyebab kanker serviks juga ada pada rokok yang memang sumber segala zat racun. Zat-zat racun tersebut memang kebanyakan menyerang organ pernafasan seperti paru-paru, tapi zat-zat berbahaya ini juga bisa sampai ke serviks atau mulut rahim bila dibawa oleh aliran darah.

 
Maka dari itu, inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai pencegahan penyakit kanker serviks, antara lain: anda sebaiknya setia dengan satu pasangan saja, menerapkan gaya hidup sehat serta memperhatikan kebersihan genital, melakukan hubungan pada saat umur yang sudah ditentukan (>16 tahun), melakukan tes pamsmear secara teratur, dan melakukan suntik vaksin HPV.
Demikianlah penjelasan mengenai kanker serviks penyebabnya, semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel tentang kanker serviks penyebabnya. Terimakasih

Kanker Serviks Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*