Kanker Serviks Gejalanya

Kanker Serviks Gejalanya

 

 

Kanker Serviks Gejalanya – Kanker serviks adalah penyakit yang sangat berbahaya. Banyak wanita yang sudah terkena penyakit ini. Umumnya para wanita tidak mengerti gejala kanker serviks. Itu karena pemahaman akan penyakit ini sangat kurang. Sebagian besar wanita yang terkena penyakit ini sadar setelah stadium lanjut. Padahal ada banyak sekali gejala yang umum muncul jika penyakit ini menyerang.

 

Gejala kanker serviks seringkali disalahartikan oleh wanita sebagai rasa sakit akibat menstruasi atau ovulasi. Hal ini menyebabkan deteksi kanker serviks menyadi lebih sulit hingga baru diketahui pada tahap lebih lanjut. Meski begitu, ada beberapa gejala tersembunyi kanker serviks yang harus diketahui oleh semua wanita, seperti dilansir oleh Health Me Up (02/01).

Kanker Serviks Gejalanya

Kanker Serviks

1. Pendarahan tak normal
Wanita yang memiliki kanker serviks biasanya mengalami pendarahan yang tak normal pada bagian vagina. Dalam sebulan, pendarahan bisa jadi parah atau hanya sedikit.
2. Keputihan parah
Gejala kanker serviks lainnya adalah terjadinya keputihan yang cukup parah. Hal ini tentu saja berbeda bagi tiap wanita. Beberapa bisa mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal, atau sangat berlendir. Jika Anda mendapati keputihan yang tak biasa sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan.
3. Nyeri panggul
Seseorang bisa saja mengalami nyeri panggul saat mengalami menstruasi. Hal ini normal. Namun Anda harus waspada jika nyeri panggul terjadi di saat-saat lainnya. Wanita yang memiliki kanker serviks biasa mengalami nyeri panggul selama berjam-jam. Rasa sakit sakit bisa berupa nyeri yang tajam, ringan, atau sangat parah.
4. Nyeri saat buang air kecil
Merasa sakit dan nyeri saat buang air kecil bisa dirasakan penderita kanker serviks stadium lanjut. Hal ini biasa terjadi jika kanker serviks telah menyebar ke kandung kemih.
5. Pendarahan saat tidak menstruasi, setelah seks, atau saat pemeriksaan panggul
Terjadinya pendarahan saat berhubungan seks atau pemeriksaan panggul adalah salah satu gejala kanker serviks. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada leher rahim selama beraktivitas. Meski begitu, ada banyak hal yang bisa menyebabkan pendarahan setelah aktivitas atau seks pada wanita.

 

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal
Gejala kanker serviks stadium awal dapat dilihat dari rasa sakit pada mulut rahim. Rasa sakit tersebut memang tidak muncul dengan intensitas yang sering. Tetapi jika penyakit ini semakin parah rasa sakit tersebut akan sangat terasa.
Apabila Anda merasakan mulut rahim terasa sakit lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter karena itu adalah salah satu tanda kanker rahim. Rasa sakit pada mulut rahim diakibatkan oleh virus human papilloma yang mulai menggerogoti sel dan jaringan pada mulut rahim.
Gejala kanker serviks lain yang dapat Anda rasakan adalah sakit pada saat berhubungan intim dengan suami. Rasa sakit tersebut tidak seperti biasanya dan cenderung perih. Dalam banyak kasus ada pula wanita yang mengeluarkan darah pada saat berhubungan intim.
Darah yang keluar tersebut adalah gejala dari kanker serviks yang cukup parah. Anda harus melakukan tindakan yang cepat karena jika Anda lambat bisa membuat Anda tidak memiliki anak karena rahim yang ada dalam tubuh harus diangkat.

 

Gejala Kanker Serviks Stadium Akhir
Pada gejala kanker serviks pada wanita yang sudah masuk dalam stadium akhir biasanya dapat terlihat dari keluarnya cairan dari area kewanitaan. Cairan yang keluar dari area kewanitaan tersebut memiliki warna yang kuning dan berbau kurang sedap.
Banyak pula yang merasakan jika ada darah yang tercampur pada cairan tersebut. Anda akan merasakan tidak nyaman karena cairan tersebut akan terus keluar dan akan terus bertambah jika tidak segera diobati. Jika sudah dalam tingkat yang kronis para dokter akan melakukan tindakan operasi.
Tindakan operasi harus dilakukan karena jika tidak dilakukan penyakit ini bisa mengancam nyawa sang wanita tersebut. Tindakan lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat kimia ataupun obat herbal. Tetapi menggunakan obat membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

Kanker Serviks Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*