KANKER SERVIKS GEJALA AWAL

KANKER SERVIKS GEJALA AWAL

 

 

KANKER SERVIKS – Kanker serviks merupakan jenis penyakit berbahaya yang menyerang wanita. Penyebab utama kanker serviks (kanker leher rahim) adalah human papilloma virus (HPV) atau virus papiloma manusia. Virus ini ditemukan pada 77% perempuan yang terjangkit HIV-positif dan sisa nya kepada wanita siapa saja. Di Indonesia kanker serviks merupakan ancaman bagi wanita karena sesuai data yang ditemukan setiap hari 40 wanita yang dinyatakan kanker serviks , 20 diantaranya meninggal dunia. Di dunia setiap dua menit sekali wanita yang telah terdiagnosa kanker serviks meninggal dua menit sekali.

 

kanker serviks

Kanker Serviks Gejala Awal

Kurangnya pengetahuan mengenai gejala dan tanda kankers serviks membuat sebagian wanita tidak menyadari. Bahkan kanker ini akan menyerang siapa saja dalam rentan usia yang tak terbatas. Perempuan tidak sadar ketika Human Papiloma Virus (HPV) menyerangnya. HPV , mikroorganisme kecil yang berukaran 55 mm dan memiliki 100 tipe HPV yang dapat menginfeksi kulit sehingga menimbulkan kutil. Virus yang berkembangbiak dan bertahan menyerang sistem kekabal tubuh sehingga memicu kanker serviks.

 

PENYEBAB KANKER SERVIKS

Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

 

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks). Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, terlalu sering melahirkan.

 

GEJALA KANKER SERVIKS

Sel yang tidak normal yang terdeteksi pada saat pemeriksaan kanker serviks biasanya masih pada tahap pre-kanker serviks sehingga tidak menimbulkan gejala apapun. Penanganan terhadap sel yang tidak normal ini akan mencegah sel ini berkembang menjadi kanker. Namun, jika sel yang tidak normal tadi telah berkembang menjadi kanker mulut rahim, gejala yang muncul adalah sebagai berikut :

  1. Pendarahan pada vagina secara tidak normal. Misalnya pada saat di antara jeda menstruasi atau setelah berhubungan seks.
  1. Vagina mengeluarkan bau yang tidak sedap
  1. Perasaan tidak nyaman saat berhubungan seks
  1. Pendarahan pada vagina setelah menopause

 

Gejala-gejala tersebut tidak selalu berhubungan dengan kanker serviks, namun jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, segera kunjungi dokter spesialis kebidanan & kandungan.

 

KANKER SERVIKS GEJALA AWAL

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*