Kanker Serviks Bisa Sembuh Total

Kanker Serviks Bisa Sembuh Total

 

Kanker Serviks Bisa Sembuh Total – Apakah penderita kanker serviks bisa sembuh total ? Pertanyaan ini akan selalu muncul mengingat setiap hari ditemukan lebih 40 wanita di Indonesia menderita kanker serviks, separuh diantaranya meninggal dunia.

Kanker Serviks Bisa Sembuh TotalSebagai salah satu dari jenis kanker ganas, Kanker serviks menjadi penyakit yang cenderung mengakhiri penderitaan korbannya dengan kematian. Padahal di Indonesia setiap hari ditemukan lebih dari 40 wanita yang menderita kanker serviks, sebagian besar yaitu sekitar 55% diantara mereka berakhir dengan kematian. Tidak heran jika kemudian kanker serviks dijuluki sebagai “pembunuh wanita nomor satu”

Karena itu sering muncul pertanyaan, apakah kanker serviks bisa sembuh total sehingga kondisi penderitanya pulih seperti sediakala ?  Maka jawabannya akan dikembalikan kepada kondisi pasien, yakni seberapa parah atau pada stadium berapa saat terdeteksi dan mulai melakukan pengobatan. Sehingga tingkat kesembuhan penderita berbanding secara paralel dengan tingkat keparahan yang dialaminya saat melakukan pengobatan.

Penderita kanker yang diakibatkan oleh infeksi Human Papiloma Virus atau virus HPV ini bisa disembuhkan 100 persen. Tetapi hal itu hanya bisa terjadi jika kanker serviks ditemukan pada stadium awal saat dilakukan deteksi dini. Karena itu kalangan medis gencar mensosialisasikan pentingnya deteksi dini oleh para wanita agar risiko kematian akibat kanker serviks semakin kecil.

Prosentase sebesar 75 sampai 90 persen angka kematian pada penderita kanker leher rahim disebabkan penyakit ini terdeteksi ketika sudah berada dalam stadium lanjut. Pada saat itu sel-sel kanker sudah terlalu menyebar sehingga lebih sulit untuk melakukan pengobatan. Dampaknya tidak hanya itu, biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan pun menjadi lebih mahal.

Tips Mencegah Kanker Serviks

Agar tidak terjangkit penyakit ini lebih baik melakukan pencegahan. Ada banyak sekali cara attau tips mencegah kanker serviks yang dapat Anda lakukan. Dengan melakukan pencegahan akan membuat Anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini. Berikut beberapa tips mencegah kanker serviks yang dapat Anda lakukan :

  1. Melakukan Tes Papsmear Secara Teratur

Melakukan tes papsmear secara teratur akan membantu Anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, ketika penyakit kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.

  1. Vaksin HPV

Melakukan vaksin HPV untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan penyakit kanker serviks juga baik dilakukan, mencegah kanker serviks stadium awal. Vaksin HPV diketahui sebagai cara paling efektif untuk mencegah kanker serviks. Namun melakukan vaksin saja tak cukup, Anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.

  1. Tidak Berganti-Ganti Pasangan

Salah satu faktor penyebab munculnya kanker serviks adalah melalui infeksi HPV yang ditularkan saat berhubungan seksual. Risiko ini semakin tinggi ketika seseorang sering berganti-ganti pasangan. Terutama mereka yang tak mengetahui ketika pasangan memiliki virus HPV. Untuk itu, setialah pada satu orang dan jangan lakukan hubungan seksual dengan orang lain, selain pasangan Anda.

  1. Tak Terlalu Aktif Secara Seksual Di Usia Muda

Ada baiknya wanita menunggu untuk melakukan hubungan seksual dan aktif secara seksual. Penelitian mengungkap bahwa wanita yang telah aktif secara seksual di usia yang terlalu muda memiliki risiko terkena kanker serviks yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang menunggu untuk aktif secara seksual di usia yang lebih tua.

  1. Hindari Pemakaian Produk Kimia Berbahaya

Kehidupan modern yang bersifat instans justru memicu timbulnya kanker. Kandungan berbahaya yang terdapat di dalam pembungkus dan bahan plastik yang terkena panas memicu timbulnya kanker. Minimalisir penggunaan sterofom, bahan plastik yang dipanaskan atau terkena plastik.

  1. Gaya Hidup Sehat

Melakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi juga penting untuk mencegah kanker serviks stadium awal. Penelitian menunjukkan bahwa perokok wanita memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena kanker serviks.

  1. Hindari Rokok

Banyak pesan dan peringatan yang menyatakan bahwa rokok sangat membahayakan dan memicu timbulnya penyakit ringan atau berbahaya akan tetapi untuk sebagian orang (perokok) masih menganggap remeh pesan itu, mencegah kanker serviks stadium awal. Untuk anda wanita, penderita kanker serviks diantaranya adalah 30 persen dari wanita perokok aktif. Penyebabnya adalah kandungan zat kimia yang terdapat di dalam rokok memicu infeksi virus penyebab kanker serviks.

Sekian informasi mengenai Kanker Serviks Bisa Sembuh Total dan Tips Mencegah Kanker Serviks. Semoga bermanfaat..

Kanker Serviks Bisa Sembuh Total

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*