Kanker Serviks Bisa Menular ?

Kanker Serviks Bisa Menular ?

 

Kanker Serviks Bisa Menular, Kanker serviks adalah penyakit yang berhubungan dengan leher rahim yaitu pada organ reproduksi wanita sebagai pintu masuk menuju rahim. Penyebab utama dari kanker rahim adalah human papilloma virus atau HPV yang menyerang leher rahim.

Kanker Serviks Bisa Menular ?

Kanker Serviks Bisa Menular ?

Kanker serviks merupakan penyakit yang membahayakan pada wanita akan tetapi tidak banyak wanita yang mengetahui mengenai tanda tanda kanker serviks . Inilah yang menyebabkan kanker serviks dikenal dengan sebutan “the silent killer” karena baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut.

Kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) merupakan peringkat teratas kematian yang disebabkan kanker. Penyebab utama dari kanker adalah virus yag disebarkan melalui hubungan intim yang berbeda beda pasangan, hubungan dengan pasangan yang terinfeksi HPV . Selain itu penyebab dari kanker serviks dapat juga akibat radiasi atau terjadinya pencemaran bahan kimia.

Apakah Kanker Serviks Bisa Menular ?

Perlu digaris bawahi bahwa KANKER TIDAK MENULAR! Akan tetapi, ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko berkembangnya kanker serviks. Salah satu yang paling penting adalah terinfeksi  human papillomavirus (HPV), yang ditularkan lewat kontak seksual. Jadi, yang ditularkan bukan kanker serviks akan tetapi penyebabnya atau virus HPV tersebut. Sehingga kanker serviks tidak akan menular melalui jabat tangan, keringat, tukar menukar pakaian dll.

Kanker ini di sebabkan karena adanya virus papilloma yang dapat menular melalui penggunaan wc atau toilet umum. Toilet yang di pakai oleh penderita kanker serviks dapat meninggalkan virus ini, dan jika tidak di bersihkan maka akan dapat menyebar ke orang yang menggunakan selanjutnya, kanker serviks bisa menular.

Kanker Serviks Bisa Menular, Perlu di ketahui ada banyak sekali tipe dari HPV atau human papilloma virus ini, namun hanya sedikit saja yang dapat menyebabkan adanya kanker serviks.

Melakukan hubungan seks bebas dengan laki – laki yang pernah melakukan hubungan sexs dengan wanita yang menderita kanker serviks, kanker serviks bisa menular. Hal ini dapat di sebabkan karena virus HPV yang menyebabkan kanker akan tersisa pada alat kelamin laki – laki tersebut dan akan menyebar jika laki – laki tersebut melakukan hubungan intim dengan wanita lainnya. Untuk itu jangan melakukan hubungan seks pada beberapa orang.

Virus HPV memang mudah sekali menular dari wanita satu ke wanita lainnya. namun tidak semua virus ini dapat menyebabkan adanya penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Pencegahan Kanker Serviks Bisa Menular

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan kaum perempuan dalam hal mencegah kanker serviks bisa menular agar tidak menimpa dirinya, antara lain:

  • Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi
  • Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan
  • Hindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor
  • Jika anda perokok, segera hentikan kebiasaan buruk ini
  • Hindari berhubungan intim saat usia dini
  • Selalu setia kepada pasangan anda, jangan bergonta-ganti apalagi diikuti dengan hubungan intim.
  • Lakukan pemeriksaan pap smear minimal lakukan selama 2 tahun sekali, khususnya bagi yang telah aktif melakukan hubungan intim
  • Jika anda belum pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV
  • Perbanyaklah konsumsi makanan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak, konsumsi vitamin C dan E.

Meskipun demikian, jika anda sudah terdeteksi mengidap kanker serviks, maka ada beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan, kanker serviks menular. Jika terdeteksi kanker serviks stadium awal, maka pengobatannya dilakukan dengan cara menghilangkan kanker serviks menular tersebut dengan cara dilakukan pembedahan, baik pembedahan laser, listrik atau dengan cara pembekuan dan membuang jaringan kanker serviks (cyrosurgery). Kanker Serviks Bisa Menular.

Untuk kasus kanker serviks stadium lanjut akan dilakukan pengobatan dengan cara kemoterapi serta radioterapi, namun jika sudah terdeteksi cukup parah, tiada lain kecuali dengan mengangkat rahim (histerektomi) secara menyeluruh agar kanker tidak berkembang, kanker serviks bisa menular.

Kanker Serviks Bisa Menular ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*