Kanker Serviks Berbahaya

Kanker Serviks Berbahaya

 

Kanker Serviks Berbahaya – Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi kaum wanita. Setiap satu jam, satu wanita meninggal di Indonesia karena kanker serviks atau kanker leher rahim ini. Fakta menunjukkan bahwa jutaan wanita di dunia terinfeksi HPV, yang dianggap penyakit lewat hubungan seks yang paling umum di dunia.
Di Indonesia, setiap satu jam, satu wanita meninggal karena kanker serviks
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi ini merupakan faktor risiko utama kanker leher rahim. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi itu. Mengingat fakta yang mengerikan ini, maka berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan telah dibuat untuk mengatasi kanker serviks atau kanker leher rahim.
Kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi di bagian organ reproduksi seorang wanita. Leher rahim adalah bagian yang sempit di sebelah bawah antara vagina dan rahim seorang wanita. Di bagian inilah tempat terjadi dan tumbuhnya kanker serviks. Apa penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim?

Kanker Serviks Berbahaya

Kanker Serviks

 

Penyebab Kanker Serviks
Penyakit kanker serviks disebabkan infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV) atau virus papiloma manusia. HPV menimbulkan kutil pada pria maupun wanita, termasuk kutil pada kelamin, yang disebut kondiloma akuminatum. Hanya beberapa saja dari ratusan varian HPV yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Kanker serviks bisa terjadi jika terjadi infeksi yang tidak sembuh-sembuh untuk jangka waktu lama. Sebaliknya, kebanyakan juga infeksi virus HPV hilang sendiri, teratasi oleh sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh. Bagi kaum perempuan, penyakit kanker rahim atau kanker serviks seperti hantu yang menakutkan. Penyakit ini, dari tahun ke tahun selalu membawa penderitanya kepada kematian. Meskipun data terbaru menyebutkan bahwa ada penurunan yang cukup berarti pada jumlah kematian yang diakibatkann oleh kanker serviks ini, penyakit yang menyerang bagian kewanitaan ini tetap saja ditakuti banyak perempuan. Berikut ini beberapa bahaya kanker serviks yang perlu anda waspadai.

 

Bahaya Kanker Serviks
Penyakit kanker serviks merupakan satu dari sekian banyak jenis penyakit kanker yang sangat berbahaya. Sel kanker yang menyerang rahim pada umumnya bisa menyebar ke sel-sel lain yang ada di sekitarnya, bisa ke pembuluh darah, ke sel-sel saraf, ke kelenjar getah bening, ke tulang, bahkan ke hati dan juga ke paru-paru yang meskipun letaknya relatif lebih jauh dari rahim. Sel-sel normal yang ditempeli atau dimasuki sel-sel kanker bisa menjadikan sel yang asalnya normal tersebut menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, sel itu tumbuh menjadi sel kanker yang baru. Proses penyebaran sel-sel kanker dari tempat asal ke tempat lain itu disebut sebagai metastasis.
Akan tetapi bahaya kanker serviks ini tetap berdasarkan pada tingkat stadiumnya. Untuk kanker serviks stadium awal, bisa jadi kanker serviks ini hanya terlihat dan terasa sebagai gejalanya saja. Sel-sel kanker pada stadium awal ini biasanya belum mengalami metastasis ke tempat yang lain. Setelah masuk ke tingkat stadium lanjut, barulah kanker serviks ini menjadi sangat berbahaya. Kematian yang terjadi pada penderita kanker serviks umumnya terjadi di stadium ini. Bahaya kanker rahim atau disebut kanker serviks bisa juga dilihat dari kemungkinan diangkatnya rahim dari perut seorang penderita. Bisanya, jika sudah demikian, si penderita tidak mempunyai kesempatan untuk memiliki anak dari rahimnya. Jika dilihat secara kasar itu mungkin sangat menyedihkan tapi jika diingat bahwa dengan diangkatnya rahim yang terkena kanker bisa menurunkan kemungkinan sel kanker menyebar ke daerah atau sel-sel lain dalam tubuh, maka pengangkatan rahim itu bisa menjadi jalan yang pasti dipilih karena mampu menyelamatkan nyawa dari penderi kanker serviks ini.
Itulah sekilas artikel mengenai kanker serviks berbahaya, semoga informasinya bermanfaat untuk anda.

Kanker Serviks Berbahaya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*