Kanker Serviks Adalah

Kanker Serviks adalah

Kanker serviks adalah penyakit yang berbahaya, sel kanker terbentuk dalam jaringan leher rahim. Leher rahim adalah bagian akhir,terletak rendah dan sempit (lubang, di organ berbentuk buah pir di mana janin tumbuh). Leher rahim mengarah dari rahim ke vagina (jalan lahir).

Kanker serviks adalah salah satu jenis keganasan atau neoplasma yang lokasinya terletak di daerah serviks, daerah leher rahim atau mulut rahim

Kanker serviks adalah– Kanker serviks biasanya berkembang perlahan seiring waktu. Sebelum kanker muncul di leher rahim, sel-sel leher rahim mengalami perubahan yang dikenal sebagai displasia, di mana sel-sel yang tidak normal mulai muncul di jaringan serviks. Kemudian, sel kanker mulai tumbuh dan menyebar lebih dalam ke leher rahim dan daerah sekitarnya.

Apa penyebab kanker serviks? Faktor penyebab yang terutama adalah infeksi Human Papiloma Virus (HPV). HPV tipe 16, 18, 31, 33, 35, 45, 51, 52, 56, dan 58 sering ditemukan pada kanker dan lesi prakanker. Kanker serviks adalah- Infeksi pada leher rahim dengan human papillomavirus (HPV) adalah penyebab paling umum dari kanker serviks. Tidak semua wanita dengan infeksi HPV Namun, akan mengembangkan kanker serviks. Wanita yang tidak teratur memiliki Pap smear untuk mendeteksi HPV atau sel abnormal pada leher rahim berada pada peningkatan risiko kanker serviks.

HPV adalah DNA virus yang menimbulkan proliferasi pada permukaan epidermal dan mukosa. Infeksi virus papiloma sering ditemukan pada wanita yang masih melakukan aktivitas seksual. Kanker serviks adalah- Beberapa bukti menunjukkan bahwa virus human papiloma/HPV ditemukan sebagai penyebab kanker serviks.

Kanker serviks adalah– Bukti yang lain juga menunjukkan onkogenitas virus human papiloma pada hewan, serta adanya hubungan infeksi HPV serviks dengan kondiloma dan atipik kolositotik yang menunjukkan displasia (pembentukan dan perkembangan sel secara tidak beraturan) ringan atau sedang, dan juga deteksi antigen HPV dan DNA dengan lesi servikal.

Kanker serviks adalah- HPV tipe 6 dan 11 berhubungan erat dengan displasia ringan yang sering regresi. Sedangkan HPV tipe 16 dan 18 berkaitan dengan displasia berat yang jarang mengalami regresi dan sering berkembang menjadi karsinoma in situ.

Kanker serviks adalah- Penularan virus dapat melalui aktivitas seksual yaitu melalui kontak genital yang meliputi hubungan seks baik itu genital-genital, manual-genital, maupun oral-genital.

Kanker Serviks adalah

Kanker Serviks adalah

Ada Berapa Jenis Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah- Kanker serviks dapat digolongkan secara histopatologi (pembagian berdasar tingkat sel) menjadi beberapa jenis, yaitu karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, karsinoadenoskuamosa, dan tumor mesenkim. Kanker serviks adalah- Jenis yang paling umum ditemui adalah karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma.

Sekitar 85% merupakan jenis karsinoma serviks jenis skuamosa (epidermoid), 10% jenis adenokarsinoma, dan 5 % nya adalah jenis adenoskuamosa, clear cell, small cell, verucous, dan lain-lain.

Kanker serviks adalah– Tanda-tanda awal meliputi adanya keputihan yang agak banyak dan terkadang terdapat bercak perdarahan yang umumnya diabaikan oleh penderita.

Tanda yang lebih klasik adalah adanya perdarahan yang berulang atau terjadinya perdarahan setelah bersetubuh dengan pasangannya atau saat membersihkan vaginanya.

Kanker serviks adalah- Dengan meningkatnya pertumbuhan penyakit, perdarahan akan semakin lama dan akan semakin banyak. Namun, terkadang diartikan bahwa perdarahan yang terjadi adalah haid yang berlangsung lama dan banyak. Juga biasanya dijumpai keputihan yang banyak dan berbau busuk yang berasal dari tumor tersebut.

Kanker serviks adalah- Pada stadium yang lebih lanjut di mana tumor telah menyebar ke rongga panggul gejala-gejala lain dapat timbul berupa nyeri yang menjalar ke pinggang atau kaki.

Beberapa penderita juga mengeluh bahwa ada rasa nyeri saat berkemih, kencing berdarah, dan perdarahan saat buang air besar. Kanker serviks adalah- Sementara pada kanker serviks yang telah menyebar ke kelenjar getah bening tungkai bawah dapat menimbulkan bengkak pada tungkai bawah.

Kanker serviks adalah- Pada stadium lanjut, kanker serviks dapat menyebar ke organ tubuh sekitar, dan hal ini adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Tingkat penyebaran kanker serviks ini jugalah yang akan menentukan level stadium penyakit tersebut.

 

Kanker Serviks Adalah

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*