GEJALA KANKER SERVIKS DAN PENCEGAHANNYA

GEJALA KANKER SERVIKS DAN PENCEGAHANNYA

 

gejala kanker serviks

Gejala Kanker Serviks Dan Pencegahannya

GEJALA KANKER SERVIKS – Kanker serviks mempengaruhi leher rahim, yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Oleh sebab itu kanker serviks dikenal juga secara awam sebagai kanker leher rahim. Leher rahim adalah bagian terendah dari rahim wanita (uterus) dan terletak di bagian atas vagina. Leher rahim terdiri dari sel-sel, yang dapat berubah dari sehat dan menjadi abnormal.

Ciri awal gejala kanker serviks mungkin tidak menunjukkan kondisi yang berarti, dan hanya dikira sebagai kondisi kurang fit saja. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengenali penyakit kanker serviks/Rahim dan semua gejala kanker serviks yang ditimbulkan. Berikut gejala kanker serviks antara lain :

  1. Pendarahan tak normal

Gejala Kanker Serviks – Wanita yang memiliki kanker serviks biasanya mengalami pendarahan yang tak normal pada bagian vagina. Dalam sebulan, pendarahan bisa jadi parah atau hanya sedikit.

  1. Keputihan parah

Gejala kanker serviks lainnya adalah terjadinya keputihan yang cukup parah. Hal ini tentu saja berbeda bagi tiap wanita. Beberapa bisa mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal, atau sangat berlendir. Jika Anda mendapati keputihan yang tak biasa sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan.

  1. Nyeri panggul

Gejala Kanker Serviks – Seseorang bisa saja mengalami nyeri panggul saat mengalami menstruasi. Hal ini normal. Namun Anda harus waspada jika nyeri panggul terjadi di saat-saat lainnya. Wanita yang memiliki kanker serviks biasa mengalami nyeri panggul selama berjam-jam. Rasa sakit sakit bisa berupa nyeri yang tajam, ringan, atau sangat parah.

  1. Nyeri saat buang air kecil

Gejala Kanker Serviks – Merasa sakit dan nyeri saat buang air kecil bisa dirasakan penderita kanker serviks stadium lanjut. Hal ini biasa terjadi jika kanker serviks telah menyebar ke kandung kemih.

  1. Pendarahan saat tidak menstruasi, setelah seks, atau saat pemeriksaan panggul.

Terjadinya pendarahan saat berhubungan seks atau pemeriksaan panggul adalah salah satu gejala kanker serviks. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada leher rahim selama beraktivitas. Meski begitu, ada banyak hal yang bisa menyebabkan pendarahan setelah aktivitas atau seks pada wanita.

 

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

Banyak orang yang percaya bahwa kanker serviks tak bisa dicegah. Padahal ada banyak cara untuk mencegahnya. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan kanker serviks antara lain :

  1. JAUHI ROKOK

Pencegahan kanker serviks yang pertama adalah menjauhi rokok. Ini peringatan paling penting buat wanita perokok. Kecuali mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker serviks (leher rahim), lho. “Nikotin, kan, mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada mukosa tenggorokan, paru-paru, juga serviks. ” Sayangnya tak diketahui pasti seberapa banyak jumlah nikotin dikonsumsi yang bisa menyebabkan kanker serviks. Tapi, mengapa harus ambil risiko, lebih baik tinggalkan segera rokok jika kita ingin terbebas dari kanker.

  1. MELAKUKAN TES PAPSMEAR

Pencegahan kanker serviks adalah melakukan tes papsmear secara teratur akan membantu Anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, ketika kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.

  1. VAKSIN HPV

Pencegahan kanker serviks adalah melakukan vaksin HPV untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks juga baik dilakukan. Vaksin HPV diketahui sebagai cara paling efektif untuk mencegah kanker serviks. Namun melakukan vaksin saja tak cukup, Anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan wanita untuk pencegahan kanker serviks agar terhindar dari penyakit kanker serviks. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan alat genital, serta melakukan gaya hidup yang sehat. Melakukan vaksin HPV, menggunakan kondom, serta melakukan tes papsmear secara teratur juga bisa dilakukan untuk berjaga-jaga agar tak terkena penyakit kanker serviks.

 

Sekian artikel mengenai gejala kanker serviks dan pencegahannya. Semoga artikel mengenai gejala kanker serviks dan pencegahannya diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

GEJALA KANKER SERVIKS DAN PENCEGAHANNYA

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*