Cara Penularan Kanker Serviks

Cara Penularan Kanker Serviks

 

Cara Penularan Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi kaum wanita. Setiap satu jam, satu wanita meninggal di Indonesia karena kanker serviks atau kanker leher rahim ini. Fakta menunjukkan bahwa jutaan wanita di dunia terinfeksi HPV, yang dianggap penyakit lewat hubungan seks yang paling umum di dunia.

Di Indonesia, setiap satu jam, satu wanita meninggal karena kanker serviks. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi ini merupakan faktor risiko utama kanker leher rahim. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi itu.

Cara Penularan Kanker Serviks

Cara Penularan Kanker Serviks

Setiap wanita berisiko terkena kanker serviks. Bahkan setiap hari ada 37 wanita usia tersebut terdiagonis kanker serviks dan 20% wanita meninggal karenanya. Tak heran jika kanker serviks pun menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia dan negara berkembang lain, mengalahkan kanker payudara. Lebih dari 70% kanker serviks disebabkan oleh Humar Papiloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Dan yang lebih parah, banyak wanita tak menyadari diri mereka mengidap kanker serviks karena pertumbuhan kanker yang lambat dan tidak menimbulkan keluhan atau gejala. HPV bahkan bisa menetap lebih dari dua tahun dalam tubuh pada tahap prakanker itu. Baru setelah sembilan sampai 15 tahun kemudian, akan berkembang menjadi kanker.

Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit untuk di deteksi. Oleh karena itu di sarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali, melakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll. Meskipun sulit untuk di deteksi, namun ciri-ciri berikut bisa menjadi petunjuk terhadap perempuan apakah dirinya mengidap gejala kanker serviks atau tidak:

  • Saat berhubungan intim selalu merasakan sakit, bahkan sering diikuti oleh adanya perdarahan.
  • Mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan perdarahan dan jumlahnya berlebih
  • Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
  • Mengalami sakit saat buang air kecil
  • Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih
  • Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami perdarahan spontan.

Cara Penularan Kanker Serviks

Virus HPV menular dengan cara :

  • Kontak langsung dengan kulit penderita terutama melalui hubungan seksual,
  • Pertukaran cairan tubuh (seks anal/oral),
  • Menggunakan bahan yang terkontaminasi bersama (mainan seks, gunting kuku, handuk, dll)
  • Ibu kepada bayinya melalui persalinan normal ( kemungkinan kecil)
  • dll

Namun belum tentu saat Anda terkontak dengan virus maka Anda otomatis langsung terkena kanker. Virus HPV memiliki banyak tipe. Dan kebanyakan menginfeksi seseorang tanpa menimbulkan gejala dan dengan imunitas tubuh yang baik infeksi tersebut menghilang dengan sendirinya. Namun beberapa tipe virus HPV serta kondisi tubuh seseorang seperti :

  • Imunitas kurang = penderita HIV , pengguna imunosupresan dll
  • Usia tua
  • Melahirkan terlalu banyak
  • Pengguna pil KB
  • Merokok
  • Aktivitas seks terlalu dini
  • Mempunyai hidup gaya seks bebas bisa meningkatkan resiko terkenanya kanker akibat infeksi virus tersebut. Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan vaksinasi HPV untuk mencegah terjadinya kanker akibat virus HPV.

Penyebaran Kanker Serviks

Ada beberapa macam penyebaran kanker yang mematikan ini seperti melalui limfogen atau pembuluh limfe yang akan menuju pada kelenjar getah bening dan bagian lainnya, melalui hematogen atau pembuluh darah dan juga penyebaran langusung yang akan mengarah ke bagian uterus, vagina, korpus, rectum dan kandung kemih. Berdasarkan penyebaran ini lah kanker ini dapat di bedakan menjadi beberapa tahap seperti tahap stadium 1, 2, 3 dan stadium 4. Semakin kanker ini menyebar luas ke bagian – bagian tubuh maka akan di mungkinkan sangat kecil untuk bisa sembuh, namun sebaliknya jika penyebarannya tidak merajalela dapat di pastikan akan sembuh total dengan berbagai cara dan pemeriksaan.

Cara Penularan Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*