Bahaya Kanker Serviks

Bahaya Kanker Serviks

Kanker serviks atau leher rahim merupakan momok nomor satu bagi wanita Indonesia berusia 15 sampai 55.

Kanker Serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita penyakit kanker serviks mencapai sepertiga nya. Bahaya Kanker Serviks– Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Bahaya Kanker Serviks– Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Bahaya kanker serviks

Bahaya kanker serviks

Bahaya Kanker Serviks– Setiap wanita berisiko terkena kanker serviks. Bahkan setiap hari ada 37 wanita usia tersebut terdiagonis kanker serviks dan 20% wanita meninggal karenanya. Tak heran jika kanker serviks pun menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia dan negara berkembang lain, mengalahkan kanker payudara.

Bahaya Kanker Serviks- Lebih dari 70% kanker leher rahim disebabkan oleh Humar Papiloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Dan yang lebih parah, banyak wanita tak menyadari diri mereka mengidap kanker serviks karena pertumbuhan kanker yang lambat dan tidak menimbulkan keluhan atau gejala. Bahaya Kanker Serviks– HPV bahkan bisa menetap lebih dari dua tahun dalam tubuh pada tahap prakanker itu. Baru setelah sembilan sampai 15 tahun kemudian, akan berkembang menjadi kanker.

Bahaya Kanker Serviks- Ketika HPV berkembang menjadi kanker dalam stadium lanjut, akan terlihat gejala-gejala, seperti perdarahan setelah senggama, perdarahan spontan ketika menstruasi rutin, nyeri panggul dan nyeri ketika berhubungan seksual.

Meski menakutkan, Anda bisa melakukan berbagai upaya pencegahan sebelum terlambat. Pencegahan secara primer bisa Anda lakukan dengan berkonsultasi kepada dokter mengenai penyakit tersebut. Bahaya Kanker Serviks– Dan jika Anda berusia 20-30 dan belum pernah berhubungan seksual, Anda pun sebaiknya di vaksinasi kanker serviks.

Bahaya Kanker Serviks- Sedangkan cara sekunder adalah dengan menjalani pap smear atau IVA alias inspeksi visual dengan asam asetat. Cara itu khusus dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual untuk mendeteksi apakah ada perubahan terhadap sel serviks yang tidak normal, minimal dalam jangka waktu setahun setelah berhubungan seksual.

Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita penyakit kanker serviks yang tertinggi di dunia. setiap hari ditemukan lebih dari 40 wanita Indonesia atau sekitar 15.000 wanita pertahun, yang menderita kanker serviks. Hal yang lebih miris lagi bahwa sebagian besar yaitu sekitar 55% atau kurang lebih 8000 penderita diantara mereka berakhir dengan kematian. Sehingga tidak berlebihan jika kanker serviks dijuluki sebagai pembunuh nomer satu wanita di Indonesia. Mengapa bisa begitu berbahaya? Pasalnya, penyakit kanker serviks muncul seperti musuh dalam selimut. Sulit sekali dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut.

Apa saja gejala-gejalanya?

Kanker serviks tahap dini tidak menunjukkan gejala.

Segera temui dokter bila Anda mengalami gejala-gejala kanker serviks sebagai berikut:

  • Pendarahan vagina
  • Sakit punggung
  • Sakit saat buang air kecil dan air seni keruh
  • Konstipasi kronis dan perasaan kembung walaupun perut dalam keadaan kosong.
  • Rasa nyeri saat berhubungan seks dan keputihan
  • Salah satu kaki membengkak
  • Kebocoran urin atau feses dari vagina

Bahaya Kanker Serviks- Buruknya gaya hidup seseorang dapat menjadi penunjang meningkatnya jumlah penderita kanker ini. Kebiasaan merokok, kurang mengkonsumsi vitamin C, vitamin E dan asam folat dapat menjadi penyebabnya. Jika mengkonsumsi makanan bergizi akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan dapat mengusir virus HPV.
Risiko menderita kanker serviks adalah wanita yang aktif berhubungan seks sejak usia sangat dini, yang sering berganti pasangan seks, atau yang berhubungan seks dengan pria yang suka berganti pasangan. Bahaya Kanker Serviks- Faktor penyebab lainnya adalah menggunakan pil KB dalam jangka waktu lama atau berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker.
Bahaya Kanker Serviks- Sering kali, pria yang tidak menunjukkan gejala terinfeksi HPV itulah yang menularkannya kepada pasangannya. Seorang pria yang melakukan hubungan seks dengan seorang wanita yang menderita kanker serviks, akan menjadi media pembawa virus ini. Selanjutnya, saat pria ini melakukan hubungan seks dengan istrinya, virus tadi dapat berpindah kepada istrinya dan menginfeksinya.

Bahaya Kanker Serviks

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*